https://jogja.times.co.id/
Olahraga

Indonesia Runner Up Terbaik, Berikut Daftar Tim Lolos Piala Asia U-17 2025

Senin, 28 Oktober 2024 - 09:08
Indonesia Runner Up Terbaik, Berikut Daftar Tim Lolos Piala Asia U-17 2025 Timnas Indonesia U-17 (Foto: PSSI)

TIMES JOGJA, JAKARTATimnas Indonesia U-17 berhasil melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2025 yang akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April 2025.

Indonesia memastikan tempat di turnamen bergengsi ini setelah menempati posisi kedua di Grup G dalam babak kualifikasi yang diadakan di Kuwait.

Kepastian ini diperoleh setelah Timnas Indonesia U-17 bermain imbang 0-0 melawan Australia U-17 dalam laga terakhir Grup G yang berlangsung di Stadion Abdullah Al Khalifa, Mishref, pada hari Minggu.

Hasil imbang tersebut menempatkan tim asuhan Nova Arianto di posisi kedua Grup G dengan perolehan tujuh poin, terpaut selisih gol dari Australia yang memimpin klasemen.

Meski di posisi runner-up, Indonesia tetap berhak melaju ke putaran final Piala Asia U-17 sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik di babak kualifikasi.

Di urutan ketiga, Kuwait U-17, yang menjadi tuan rumah kualifikasi, mengumpulkan tiga poin usai mengalahkan Kepulauan Mariana Utara U-17 dengan skor telak 9-0 pada laga penutup grup.

Daftar Tim Lolos ke Piala Asia U-17 2025

Sebanyak 15 tim yang terdiri dari sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik, ditambah tuan rumah Arab Saudi, akan berlaga di putaran final Piala Asia U-17 2025.

Sepuluh tim juara grup yang lolos adalah Korea Utara, Afghanistan, Korea Selatan, Thailand, Uzbekistan, Jepang, Australia, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Tajikistan.

Sedangkan lima tim runner-up terbaik yang turut melaju ke putaran final adalah China, Vietnam, Indonesia, Oman, dan Irak.

Nova Arianto Puas

Pelatih Timnas Indonesia U17, Nova Arianto, memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pemain dan staf atas keberhasilan mereka melaju ke putaran final Piala Asia U17 2025.

"Saya sangat menghargai seluruh komponen tim, mulai dari pemain, staf, hingga pelatih, karena ini adalah momen yang telah kita tunggu-tunggu. Timnas Senior kita berhasil lolos ke Piala Asia, Timnas U20 juga lolos, dan itu semua itu menjadi motivasi kami," ujar Nova setelah pertandingan.

Nova menyatakan bahwa pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras tim yang telah melakukan persiapan serius sejak Februari 2024.

"Kami sangat senang, karena kerja keras selama ini akhirnya terbayar dengan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia," kata Nova.

Dalam pertandingan melawan Australia, Timnas U17 sempat tampil ofensif di babak pertama. Namun, menjelang akhir pertandingan, kedua tim cenderung bermain aman demi mengamankan poin masing-masing.

"Sejujurnya saya kurang suka dengan jalannya pertandingan hari ini, tetapi bagaimanapun, saya bersyukur kita berhasil lolos," tegasnya. (*)

 

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.