https://jogja.times.co.id/
Berita

Cabup Sleman Harda Kiswaya Tekankan Pertumbuhan Ekonomi yang Selaras dengan Lingkungan

Senin, 28 Oktober 2024 - 07:55
Cabup Sleman Harda Kiswaya Tekankan Pertumbuhan Ekonomi yang Selaras dengan Lingkungan Sejumlah warga dan penyandang disabilitas menyaksikan debat perdana Pilkada calon Bupati Sleman berlangsung pada Minggu (27/10/2024) malam (FOTO: Rahadian/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, SLEMAN – Calon Bupati atau Cabup Sleman nomor urut 2, Harda Kiswaya menegaskan pentingnya pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang berwawasan lingkungan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sleman.

Pernyataan ini disampaikan Harda Kiswaya dalam debat publik perdana Calon Bupati Sleman yang diselenggarakan KPU Sleman di Stasiun TVRI Stasiun Yogyakarta pada Minggu (27/10/2024) malam.

“Jika aturan belum ada, kita akan buat. Aturan yang ada akan kita tegakkan, dan pengawasan akan kita perkuat.Penghijauan harus dilakukan di daerah tangkapan air," ujarnya.

Harda Kiswaya juga menekankan bahwa setiap izin usaha yang akan diterbitkan harus melalui Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang ketat. 

Bersama pasangannya, Calon Wakil Bupati Danang Maharsa, ia berkomitmen bahwa pemanfaatan SDA untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tidak boleh merusak lingkungan.

Debat perdana calon Bupati Sleman malam itu mengangkat tema kesejahteraan rakyat, ekonomi, dan sumber daya alam. 

Mantan Sekda Sleman itu menyatakan akan mempermudah masuknya investasi ke Sleman dengan sejumlah langkah, mulai dari penyederhanaan proses perizinan hingga penghapusan biaya ekonomi tinggi, misalnya pungutan liar. 

“Namun, investasi yang masuk harus tetap menjaga kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa semakin banyak investasi yang masuk, semakin tinggi peluang untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sleman.

Selain itu, Harda berkomitmen untuk meningkatkan kualitas 30 pasar tradisional di Sleman. “Kami akan meningkatkan kualitas pasar tradisional agar lebih nyaman bagi penjual dan pembeli,” imbuhnya.

Di akhir debat, Harda juga menyampaikan, jika terpilih sebagai Bupati Sleman, ia akan tetap tinggal di rumah pribadinya, sesuai peraturan yang berlaku, agar lebih dekat dengan masyarakat.

Di sisi lain, para relawan Paslon nomor urut 02 Harda Kiswaya dan Danang Maharsa dari kalangan penyandang disabilitas nonton bareng (nobar) debat sesi pertama di halaman TVRI Jalan Magelang, Mlati, Sleman.

Terlihat, mereka antusias nobar di layar LED yang disediakan oleh tim pemenangan Harda Danang dari Partai Gerindra. 

"Paparan Pak Harda bagus. Kami puas, kami optimis dengan debat ini masyarakat Sleman akan semakin yakin memilih Pak Harda dan Pak Danang," terang Waliyo, penyandang disabilitas yang nobar bersama rekan-rekannya.

Untuk diketahui, debat publik selanjutnya akan digelar pada 3 November 2024, menampilkan para calon Wakil Bupati Sleman dengan tema Inklusi Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia. (*)

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.