https://jogja.times.co.id/
Berita

Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Lagi Hari Ini: Simak Jadwal dan Persyaratannya

Selasa, 20 Agustus 2024 - 16:43
Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Lagi Hari Ini: Simak Jadwal dan Persyaratannya Tampilan layar portal SSCASN BKN RI (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara RI (BKN RI) resmi membuka lagi proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2024 (CPNS 2024) mulai 19 Agustus 2024.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto memastikan pemerintah akan membuka 2,3 juta formasi CASN sebagaimana arahan Presiden RI Jokowi. “Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode,” katnaya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, Rabu (17/1/2024) lalu di Gedung DPR Jakarta, bersama perwakilan Kementerian PANRB.

Kini, BKN RI membuka kembali pendaftaran secara online melalui portal SSCASN BKN, mulai 20 Agustus 2024 pukul 17.08 WIB hingga 6 September 2024. BKN RI mengimbau pelamar agar segera mengecek ketersediaan formasi serta persyaratan yang diperlukan melalui portal tersebut.

Dalam keterangan resminya, BKN RI mengungkap, untuk formasi CPNS 2024 tersedia untuk 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah, dengan total kuota sebanyak 250.407 posisi. Pengumuman terkait formasi yang dibuka oleh masing-masing instansi akan diumumkan secara bertahap dan dapat diakses melalui menu pencarian informasi di portal SSCASN.

Sementara, terkait dengan detail terkait tugas, tanggung jawab, dan kisaran penghasilan untuk masing-masing posisi juga akan tersedia di portal tersebut.

"Untuk daftar lowongan kuota formasi per-instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah) akan diumumkan oleh masing-masing instansi secara bertahap dan dapat dicek pada menu pencarian informasi secara berkala. Jadi selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN," tulis 

Seluruh proses rekrutmen CPNS tahun ini akan melibatkan berbagai instansi yang tergabung dalam Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Dukungan infrastruktur, keamanan teknologi, dan verifikasi data kependudukan menjadi aspek penting dalam proses ini, dengan kolaborasi antara BKN dan instansi terkait seperti BAKTI Kominfo, BSSN, BRIN, dan Dukcapil Kemendagri.

Calon pelamar CPNS 2024 diharapkan membaca dengan seksama persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan sebelum mendaftar. Selain itu, disarankan untuk segera menyelesaikan pendaftaran setelah semua dokumen administrasi lengkap guna menghindari potensi masalah teknis di akhir masa pendaftaran. (*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.