https://jogja.times.co.id/
Berita

9 Penderita Bibir Sumbing dan Langit-Langit Jalani Operasi Gratis di RSUD Sleman

Selasa, 27 Desember 2022 - 09:32
RSUD Sleman Lakukan Operasi Gratis bagi 9 Penderita Bibir Sumbing dan Langit-Langit Suasana operasi bibir sumbing dan langit-langit secara gratis di RSUD Sleman. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, SLEMAN – Sebanyak 9 penderita bibir sumbing dan langit-langit menjalani operasi gratis di RSUD Sleman.

Acara yang digelar dalam rangka HUT ke-45 RSUD Sleman tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan Yayasan Cahaya Senyum Nusantara. Kegiatan ini dilakukan di Instalasi Bedah Sentral, Lantai 2 Gedung Pelayanan Terpadu RSUD Sleman.

Operasi gratis ini merupakan salah satu bentuk nyata pengabdian masyarakat dari RSUD Sleman. Sebagai wujud rasa terima kasih rumah sakit karena sudah 45 tahun diperkenankan berkiprah dalam bidang kesehatan di Sleman dan sekitarnya.

Dokter spesialis anestesi RSUD Sleman sekaligus koordinator pelaksanaan Bakti Sosial bibir sumbing dan celah langit-langit, dr. Betty Juliastuti Soeharsono MSc SpAn menyampaikan sasaran kegiatan ini tidak terbatas pada warga Sleman.

Menurutnya, siapapun bisa walaupun domisili di luar Sleman bahkan luar DIY sekalipun. Asalkan memenuhi syarat untuk dilaksanakan operasi rekonstruksi sumbing tersebut.

Operasi-Gratis-RSUD-Sleman-2.jpg

"Kegiatan ini dimulai dengan pemeriksaan awal yang sudah dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2022. Peserta yang diperbolehkan untuk mengikuti operasi bibir sumbing dan langit-langit  adalah mereka yang sudah lolos pemeriksaan tahap awal sejumlah 9 peserta," kata Betty, Selasa (27/12/2022).

Adapun syarat awal peserta operasi bibir sumbing ini adalah berusia minimal 3 bulan dengan berat badan minimal 5 kg. Untuk peserta operasi langit-langit sumbing adalah berusia minimal 1 tahun dengan berat 10 kg.

Pada kegiatan kali ini, peserta bakti sosial sebagian peserta berdomisili di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang. Karena keadaan sumbing ini masih banyak dijumpai, maka diharapkan kegiatan ini bisa berkesinambungan dan dapat diadakan lagi pada kesempatan lain.

"Dengan demikian dapat menjangkau masyarakat yang memang masih sangat membutuhkan dan mendapatkan pelayanan yang tepat. Agar anak Indonesia bisa tersenyum bahagia tanpa merasa rendah diri akan kondisi diri yang tidak dia inginkan," tuturnya.

Sedangkan Wakil Direktur Pelayanan RSUD Sleman, dr Cholis Noor Mutaslimah MPH, menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Cahaya Senyum Nusantara dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam acara kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit tersebut.

"Bakti sosial operasi bibir sumbing & langit-langit ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun ke-45 RSUD Sleman dengan mengusung tema 'Bagas Waras Sesarengan RSUD Sleman'," jelasnya.

Operasi-Gratis-RSUD-Sleman-3.jpg

Dengan semangat tersebut dan didukung berbagai layanan kesehatan yang ada, RSUD Sleman semakin memantapkan diri menjadi rumah sakit pilihan masyarakat di Kabupaten Sleman dan sekitarnya.

"Dengan adanya bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit  ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dan dapat mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, dan produktif serta memberikan kontribusi kesehatan nyata kepada masyarakat," imbuhnya mewakili RSUD Sleman. (*)

Pewarta : Fajar Rianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.