https://jogja.times.co.id/
Berita

Mengenal Harda Kiswaya, Bacabup Sleman yang Diusung Koalisi Besar di Pilkada 2024

Selasa, 20 Agustus 2024 - 10:40
Mengenal Harda Kiswaya, Bacabup Sleman yang Diusung Koalisi Besar di Pilkada 2024 Harda Kiswaya, Bakal Calon Bupati Sleman di Pilkada 2024

TIMES JOGJA, SLEMAN – Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya telah resmi diumumkan oleh sejumlah koalisi besar dan partai pendukung non parlemen lainnya sebagai bakal Calon Bupati (Bacabup) Sleman dalam Pilkada 2024 nanti.

Koalisi besar yang bernama Koalisi Sleman Baru atau KSB terdiri dari PDIP, Gerindra, Golkar, PPP, dan Nasdem. Sedangkan tiga partai pendukung non parlemen yaitu Partai Demokrat, PSI, dan Partai Umat.

Dukungan dari KSB dan partai pendukung non parlemen ini memperkuat posisi Harda di Pilkada 2024 mendatang.

Pasalnya dukungan KSB ini diyakini solid untuk memenangkan pasangan Calon Bupati Sleman Harda Kiswaya dan Calon Wakil Bupati, Danang Maharsa pada Pilkada 2024.

Siapa Harda Kiswaya

Harda Kiswaya, SE, M.Si, adalah seorang pekerja yang telah berkarier lama di pemerintahan Kabupaten Sleman sejak tahun 1993.

Lahir pada 26 Januari 1964 di Sleman, ia merupakan putra daerah asli Sleman. Harda telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman selama dua dekade.

Dalam perannya, ia menjadi pusat koordinasi dan pengelolaan administrasi pemerintahan daerah, mendukung Bupati dalam pengambilan keputusan serta pelaksanaan kebijakan yang efektif.

Berkat dedikasinya, Harda dianugerahi Jasa Penghargaan Satya Lancana Karya Satya XX pada tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pilkada Sleman 2024

Sebelumnya Harda Kiswaya sendiri telah mendaftar sebagai bakal calon Bupati Sleman melalui Partai Golkar, dan partai ini secara resmi menyerahkan surat instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk mendukung pencalonannya.

Ketua DPD Golkar DIY, Gandung Pardiman, menyerahkan surat instruksi tersebut pada Minggu, (4/8/2024), sebagai bentuk keseriusan Golkar untuk memenangkan Pilkada Sleman dan menjadikan Harda Kiswaya sebagai Bupati Sleman yang baru.

Dukungan dari Golkar dipandang sebagai apresiasi dari pengalaman Harda Kiswaya sebagai mantan ASN di lingkup Pemkab Sleman dan sebagai putra asli daerah.

Koalisi Sleman Bersatu (KSB) yang terdiri dari enam partai, termasuk Golkar, Gerindra, PPP, NasDem, PKS, dan PDIP, telah sepakat untuk mengusung Harda Kiswaya sebagai calon bupati.

KSB yang mendukung Harda Kiswaya di Pilkada 2024, memiliki total 37 kursi di DPRD Sleman. Calon Wakil Bupati yang akan mendampingi Harda dipilih oleh partai yang tergabung dalam koalisi ini. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.