https://jogja.times.co.id/
Berita

Menlu Jerman: Pembunuhan Hassan Nasrallah Bisa Membuat Kekerasan Semakin Parah

Minggu, 29 September 2024 - 06:55
Menlu Jerman: Pembunuhan Hassan Nasrallah Bisa Membuat Kekerasan Semakin Parah Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock. (FOTO: WEB.DE)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Pembunuhan Pemimpin Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah akan membawa situasi Timur Tengah semakin terjerumus jauh ke dalam lingkaran kekerasan yang parah.

Peringatan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock. "Situasi di Lebanon sangat berbahaya dan seluruh wilayah dan menimbulkan ancaman serius terhadap stabilitas di kawasan, dan stabilitas Lebanon, dan ini tidak akan pernah menguntungkan keamanan dan kepentingan Israel,” tulis Baerbock di X.

Hassan Nasrallah beserta sejumlah pimpinan Hizbullah Lebanon lainnya tewas, termasuk wakil komandan Garda Revolusi Iran, Abbas Nilforoushan di markas Hizbullah di Beirut selatan setelah diserang dan dijatuhi 85 ton bom oleh tentara Israel.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden langsung berkomentar bernada lega. "Itu sebagai “ukuran keadilan bagi banyak korbannya, termasuk ribuan warga Amerika, Israel, dan warga sipil Lebanon," katanya.

Joe Biden menegaskan kembali dukungan AS terhadap Israel untuk membela diri terhadap Hizbullah, Hamas, Houthi, dan kelompok lain yang didukung Iran.

Ia pun memerintahkan menteri pertahanan untuk lebih meningkatkan postur pertahanan pasukan militer AS di kawasan tersebut.

Tidak seperti AS, beberapa negara, gerakan perlawanan Palestina, dan kelompok Houthi di Yaman mengecam pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah oleh Israel itu. 

Bahkan mereka menegaskan keyakinannya bahwa pendekatan Hassan Nasrallah akan terus berlanjut meskipun dia dibunuh.

Mantan Perdana Menteri Lebanon, Saad Hariri mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembunuhan Nasrallah membawa Lebanon dan wilayah tersebut ke dalam fase kekerasan baru.

Hariri menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa pembunuhan Nasrallah adalah tindakan pengecut yang dikutuk secara keseluruhan, sambil menunjukkan bahwa dia sangat tidak setuju dengan mendiang orang tersebut dan partainya, namun dalam tahap yang sangat sulit ini, persatuan dan solidaritas rakyat Lebanon adalah landasannya Lebanon ke pantai yang aman.

Dalam komentar pertamanya mengenai pembunuhan Nasrallah, Presiden Iran, Masoud Pezeshkian mengatakan bahwa dunia tidak akan lupa bahwa keputusan untuk melakukan serangan teroris datang dari New York, dan bahwa Washington tidak bisa meninggalkan kolusi dengan Zionis.

Kementerian Luar Negeri hari ini mengkonfirmasi bahwa pendekatan Nasrallah akan terus berlanjut meskipun dia meninggal, setelah satu tahun konfrontasi lintas batas antara kedua pihak.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanaani mengatakan di platform X, "Jalan terhormat yang diikuti Nasrallah akan terus berlanjut, dan aspirasinya untuk membebaskan Al-Quds Al-Sharif akan terwujud.

Komite Keamanan dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen menekankan “perlunya menanggapi dengan tegas dan membuat entitas Zionis menyesali kejahatannya".

Hari ini, pemerintah Irak juga  mengumumkan “3 hari berkabung umum di seluruh Irak untuk kesyahidan Hassan Nasrallah dan rekan-rekannya dalam agresi Zionis yang penuh dosa.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari ini , Perdana Menteri Irak  Muhammad Shiaa Al-Sudani menganggap pembunuhan itu sebagai kejahatan yang menegaskan pelanggaran entitas Zionis terhadap semua garis merah.

 Al-Sudani menambahkan, "Dalam serangan berdosa baru dan kejahatan yang menegaskan pelanggaran entitas Zionis.” pelanggaran terhadap semua garis merah, Yang Mulia Sayyid Hassan Nasrallah bangkit sebagai seorang martir di jalan kebenaran.”

Ia menekankan “posisi prinsip Irak yang mendukung rakyat Palestina dan Lebanon,” mengingat bahwa menargetkan wilayah pinggiran selatan pada hari Jumat “merupakan tindakan yang sembrono.” keinginan untuk memperluas konflik".

Otoritas tertinggi Syiah, Ali al-Sistani, dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantornya, menyatakan sangat berduka dan penyesalan atas berita syahidnya ulama Hujjat al-Islam wal-Muslimeen dan sekelompok saudaranya di Perlawanan Lebanon yang terhormat dan puluhan warga sipil tak berdosa dalam pembantaian tragis yang dilakukan oleh Israel itu.

Ditambahkan, Hassan Nasrallah memainkan peran penting dalam kemenangan atas pendudukan Israel dengan membebaskan tanah Lebanon, dan dia mendukung rakyat Irak dengan segala yang dia miliki dalam membebaskan negara mereka dari teroris ISIS.

Dia juga mengambil sikap besar dalam mendukung rakyat Palestina yang tertindas sampai dia membayar dengan nyawanya untuk itu.

Pemimpin Syiah, Muqtada al-Sadr juga berduka atas kematiannya hari ini setelah Hizbullah mengumumkan pembunuhan Sekretaris Jenderal mereka.

"Selamat tinggal, rekan saya di jalur perlawanan dan oposisi. Anda sudah muak dengan hal ini dan telah meninggal. Anda hidup dengan bangga dan menjadi martir yang bangga, anda dan orang-orang yang bersama anda," tulis Pemimpin Syiah dalam sebuah pernyataan.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga menekankan perlunya segera menghentikan apa yang ia sebut sebagai upaya Israel untuk mengalihkan kebijakan gila yang diterapkan di Gaza dan Tepi Barat ke Lebanon dan negara-negara lain di kawasan mereka dimanjakan oleh kekuatan yang memberikan dukungan senjata dan amunisi untuk melakukan pembantaian.

Rusia juga mengutuk keras pembunuhan yang dilakukan Israel terhadap Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah dalam serangan udara di pinggiran selatan Beirut pada hari Jumat itu.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Kami mengutuk keras pembunuhan politik baru yang dilakukan oleh Israel." 

Kementerian Rusia itu menganggap bahwa Israel memikultanggung jawab penuh mengenai konsekuensi "tragis" yang ditimbulkan atas pembunuhannya terhadap pemimpin Hizbullah di wilayah tersebut.

Kemenlu Rusia menambahkan, “Kami mendesak Israel untuk segera menghentikan permusuhan” untuk “menempatkan tindakan yang tepat.” mengakhiri pertumpahan darah."

Bahkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov menyampaikan keprihatinannya kepada Majelis Umum PBB dengan praktik pembunuhan politik yang kini hampir menjadi hal lumrah itu.

Beberapa jam setelah Israel mengklaim telah membunuh Hassan Nasrallah, 64, Sabtu kemarin Hizbullah mengatakan, berjanji akan melanjutkan perang suci melawan Israel dan mendukung Palestina di tengah kekhawatiran bahwa perang regional kini tidak bisa dihindari, dan Timur Tengah dikhawatirkan akan semakin terjerumus jauh ke dalam lingkaran kekerasan. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.