https://jogja.times.co.id/
Berita

Membanggakan, Aziz Pratoko Asal Pacitan Wakili Jatim di Ajang Pemuda Pelopor Nasional

Jumat, 04 Oktober 2024 - 09:13
Membanggakan, Aziz Pratoko Asal Pacitan Wakili Jatim di Ajang Pemuda Pelopor Nasional Suasana saat Aziz menelusuri sumber air di bawah tanah di Pacitan (FOTO: Rojihan/ TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, PACITANAziz Pratoko, seorang pemuda pelopor asal Kabupaten Pacitan, berhasil membawa nama harum Provinsi Jawa Timur di tingkat nasional.

Aziz mewakili Jawa Timur dalam Lomba Pemuda Pelopor Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI) di Hotel Ciputra, Jakarta. Dalam lomba ini, Aziz bersaing dengan perwakilan dari 38 provinsi lain se-Indonesia.

Tim-Peneliti-bersama-Risparbudpora-Pacitan.jpgTim Peneliti bersama Risparbudpora Pacitan (FOTO: Rojihan/TIMES Indonesia)

Aziz terpilih berkat kontribusinya yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pacitan melalui pengelolaan Sumber Daya Alam, Pariwisata, dan Lingkungan Hidup.

Program-program inovatif yang diusung Aziz tak hanya berdampak pada peningkatan ekonomi lokal, tetapi juga menjaga keseimbangan ekosistem alam di Pacitan, yang terkenal dengan potensi gua dan sungai bawah tanahnya.

Bidang Lingkungan Hidup

Dalam lomba tersebut, Aziz menyampaikan gagasannya tentang pengelolaan sumber daya air gua bawah tanah di Pacitan. Salah satu inisiatif utamanya adalah 'Pacitan Merdeka dari Kekeringan' yaitu pemanfaatan sungai gua bawah tanah sebagai sumber air bagi masyarakat.

sumber-air-bawah-tanah.jpgAziz bersama Disparbudpora Pacitan dan tim peneliti saat di sumber air bawah tanah (FOTO: Rojihan/TIMES Indonesia)

"Air dari gua bawah tanah dapat dimanfaatkan untuk keperluan pertanian, peternakan, serta industri kecil, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi pedesaan," katanya, Jumat (4/10/2024).

Aziz juga menyoroti pentingnya membangun komunitas pemuda sebagai agen pelestari sumber daya air.

Ia mendirikan komunitas SSC (Subterranean Sustainability Community) yang berfokus pada eksplorasi akuifer subterran—sebuah program pencarian dan pemanfaatan sumber air bawah tanah di lebih dari 1.300 gua yang tersebar di wilayah Pacitan.

Bidang Sumber Daya Alam

Selain di bidang lingkungan hidup, Aziz juga memaparkan program konservasi air gua bawah tanah berbasis masyarakat. Menurutnya, masyarakat lokal harus dilibatkan secara aktif dalam menjaga kelestarian sumber daya alam mereka.

Salah satu langkah konkret yang dilakukan Aziz adalah menginisiasi gua dan sungai bawah tanah sebagai pusat riset dan edukasi lingkungan

"Dengan adanya pusat riset, diharapkan akan muncul lebih banyak penelitian dan inovasi yang mampu mendukung keberlanjutan konservasi," Imbuhnya.

Tidak hanya itu, Aziz juga berperan aktif dalam membangun kesadaran seluruh pemangku kepentingan termasuk pemerintah, masyarakat dan komunitas agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar gua. Ia menyadari bahwa keterlibatan berbagai pihak sangat penting untuk menjaga kelestarian alam.

Bidang Pariwisata

Di sektor pariwisata, Aziz berhasil mengangkat potensi gua di Pacitan sebagai destinasi ekowisata dan eduwisata. Salah satu program unggulannya adalah paket wisata susur gua, yang memberikan pengalaman edukatif sekaligus menantang bagi wisatawan.

Selain itu, Aziz memperkenalkan cave diving yaitu penyelaman di lorong gua bawah air sebagai ikon pariwisata internasional dari Pacitan.

Aziz juga fokus pada penguatan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) sebagai sumber daya manusia pengelola pariwisata yang profesional dan bersertifikasi.

Menurutnya, sumber daya manusia yang terlatih dan memiliki pemahaman tentang pentingnya kelestarian lingkungan sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan pariwisata berkelanjutan.

Program Berkelanjutan

Aziz memastikan bahwa program-program yang dijalankannya memiliki konsep keberlanjutan yang kuat. Salah satu contoh program berkelanjutan yang diprakarsai oleh Aziz adalah Pengelolaan Sumber Daya Air Gua Bawah Tanah yang melibatkan PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat).

Aziz juga melanjutkan eksplorasi akuifer subterran secara berkelanjutan untuk menemukan sumber-sumber air tersembunyi lainnya yang dapat dimanfaatkan.

Tak hanya itu, Aziz juga berfokus pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat lokal dengan memberdayakan mereka melalui pertanian, peternakan, UMKM, dan pariwisata.

"Semua upaya ini terintegrasi dalam upaya konservasi sumber daya alam, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat ekonomi sembari tetap menjaga kelestarian lingkungan," ucap, Aziz.

Kebanggaan Pacitan dan Jawa Timur

Dengan dedikasi dan kerja kerasnya, Aziz Pratoko telah berhasil membawa inovasi yang berdampak luas bagi masyarakat Pacitan dan Jawa Timur.

Partisipasinya dalam lomba tingkat nasional menunjukkan bahwa generasi muda mampu berkontribusi nyata dalam upaya pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kehadiran Aziz Pratoko di lomba pemuda pelopor tingkat nasional tidak hanya membawa kebanggaan bagi Kabupaten Pacitan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi pemuda-pemuda lain di Indonesia untuk terus berkarya dan menjaga kekayaan alam tanah air. (*)

Pewarta : Rojihan
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.