Pendidikan

PWK ITNY Dampingi PWK USM Semarang dalam Perumusan Kurikulum MBKM

Selasa, 13 Juli 2021 - 20:20
PWK ITNY Dampingi PWK USM Semarang dalam Perumusan Kurikulum MBKM Suasana lokakarya dan FGD yang membahas tentang kurikulum Merdeka Belajar Kuliah Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan ITNY dan USM. (FOTO: Humas ITNY for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota atau PWK ITNY mendampingi Prodi PWK Universitas Semarang (USM). Pendampingan oleh Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) tersebut berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan rekonstruksi kurikulum Merdeka Belajar Kuliah Merdeka (MBKM).

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk lokakarya dan FGD untuk mengakomodasi kegiatan MBKM dalam kurikulumnya. Kegiatan FGD pengembangan kurikulum dilakukan melalui knowledge sharing dan best practice implementasi Kurikulum MBKM secara virtual pada 9 Juli 2021.

Kaprodi PWK USM, Ir. Bambang Sudarmanto MT mengatakan belum banyak program studi yang sepenuhnya menerapkan kurikulum MBKM. Saat ini, Prodi PWK USM telah merumuskan kurikulum MBKM. Nah, untuk penyempurnaan dan pengembangannya diperlukan masukan dari program studi lain yang telah menerapkan kurikulum MBKM.

“Saya melihat bahwa ITNY telah memiliki pengalaman dalam perumusan kurikulum dan mengimplementasikan beberapa kegiatan MBKM,” kata Bambang, Selasa (13/7/2021).

ITNY 1

Bambang menambahkan secara konseptual, dosen dan pengurus Prodi PWK USM telah memiliki pemahaman melalui sosialisasi dan lokakarya MBKM. Namun, banyak hal teknis yang perlu didiskusikan dengan PWK ITNY untuk menentukan beberapa alternatif pemberlakuan kurikulum MBKM.

Diskusi berjalan sangat kondusif dan efektif, tim dosen PWK USM terlihat sangat fokus dan telah mencoba membangun struktur kurikulum dengan baik.

Kaprodi PWK ITNY, Yusliana ST MT berharap kegiatan ini akan berlanjut ke kerja sama pada kegiatan lain. Baik itu kerja sama bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian. Salah satu bentuk yang akan diinisiasi adalah pertukaran pelajar MBKM.

Saat ini, jejaring antar perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam pengembangan program studi. Maksudnya, diperlukan kesediaan untuk saling melengkapi satu sama lain.

“Diskusi antara PWK ITNY dan PWK USM ini akan dilanjutkan setiap diperlukan. Hal ini sebagai komitmen kerja sama dalam naungan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI), khususnya di Korwil Jawa Tengah dan DIY,”  terang Kaprodi PWK ITNY, Yusliana. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro (MG-230)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.