Pendidikan

SMPN 8 Yogyakarta Tanamkan Karakter Melalui Kemah

Sabtu, 25 Februari 2023 - 21:34
SMPN 8 Yogyakarta Tanamkan Karakter Melalui Kemah Siswa SMPN 8 Yogyakarta ketika mengikuti kegiatan kemah. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Awal tahun 2023, SMPN 8 Yogyakarta menyelenggarakan Kemah Galang di Bumi Perkemahan Rama Shinta (Rama Shinta Camping Ground) kawasan Candi Prambanan. Kegiatan ini sebagai upaya menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur. Juga, sebagai ajang memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

Kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti 320 siswa Kelas VII tersebut berlangsung selama tiga hari yaitu Jumat hingga Minggu (24-26/2/2023). Kepala SMPN 8 Yogyakarta, Dra Binarsih Sukaryanti M.Pd mengatakan, Kemah Galang merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas dan di ruang terbuka. Tujuannya sebagai media uji ketangkasan yang dikemas dalam kegiatan yang menantang dan  menyenangkan.

Binarsih menambahkan, diperlukan banyak bekal kecerdasan untuk mengikuti giat Kemah Galang yang diselenggarakan SMPN 8 Yogyakarta tersebut, antara lain kecerdasan religius, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial.

KEmah-SD.jpg

Ia berpesan, agar para peserta juga harus menjaga kesehatan tubuh dan mentalnya agar dapat melaksanakan kegiatan dengan baik. Prinsip dari kegiatan pramuka adalah pembelajaran menyenangkan, sehingga pramuka harus tangguh menghadapi segala ujian dan tantangan dengan suasana penuh kegembiraan.

Kemah Galang Bhawara SMPN 8 Yogyakarta dikemas dalam berbagai aktivitas yang kreatif dan rekreasi. Sehingga, para peserta tertarik dan merasa senang selama mengikuti rangkaian kegiatan kemah. Sebab, kegiatan ini untuk membangun jiwa kompetitif.

“Semua kegiatan dilaksanakan dalam bentuk lomba, meliputi mendirikan tenda, penjelajahan wolf hunter, meramu jamu kunyit asem/beras kencur, membuat sayur asem/lodeh, menyanyi, pidato bela negara, PPPK, LBB, dan Yel-yel. Kemudian, ada juga kunjungan museum Candi Prambanan dan pentas seni saat api unggun,” kata Binarsih, Sabtu (25/2/2023).

KEmah-SD-b.jpg

Terlihat, para peserta antusias mengikuti setiap aktivitas sekaligus untuk memperebutkan tropi kejuaraan lomba: juara 1, 2, dan 3 putra dan putri. Binarsih berharap, setelah selesai kegiatan Kemah Galang seluruh peserta tidak hanya mendapatkan lelah namun mendapat support energi dan motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih sholeh dalam ketaatan beribadah, lebih kaya ilmu pengetahuan, meningkat kepekaan sosialnya, dan lebih  lebih mengakar kuat karakter baiknya sesuai 10 janji yang tertuang dalam Dasa dharma Pramuka.

Sehingga, para peserta kemah mampu menjulang tinggi prestasi seiring dengan slogan Bhawara yaitu Tradisi Prestasi Tiada Henti.

“Kemah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung tentang kepemimpinan, membangun kemandirian, melatih keterampilan, meningkatkan motivasi untuk peduli sesama dan lingkungan,” kata Kepala SMPN 8 Yogyakarta Binarsih. (*)

Pewarta : Soni Haryono
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.