Gaya Hidup

Gantikan PES, Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan eFootball ?

Jumat, 23 Juli 2021 - 02:32
Gantikan PES, Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan eFootball ? eFootball menampilkan Neymar dan Messi dalam salah satu materi promosinya. (Grafis: Konami)

TIMES JOGJA, JAKARTAKonami benar-benar mengagetkan para pecinta gim sepak bola di seluruh dunia. Pasalnya merek gim Pro Evolution Soccer (PES) yang telah ada sejak 26 tahun silam resmi diubah menjadi eFootball.

Era e-sport nampaknya menjadi alasan pengembang asal negeri Sakura itu mulai berhijrah ke platform online.

Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia pada Kamis (22/7/2021) melalui trending Twitter RIP PES, tak sedikit dari netizen yang mulai membandingkan eFootball dengan FIFA garapan Electronic Arts (EA).

efootball-b.jpgAplikasi gim eFootball telah tersedia di Playstore. (FOTO: Tangkapan layar)

"Terima kasih atas jasa-jasanya menemani masa perkuliahan. Sekarang mah mainin yang ada saja sambil ngasuh baby. Hijrah ke FIFA? not bad lah. Suka mainin dua-duanya, tapi secara emang udah melekat dan menjiwai PES. Haha," ungkap @semaul24.

Sementara itu ada juga dari @MasJooo yang mengaku lebih nyaman bermain FIFA. "Sejak 2017 udah belajar hijrah dari PES ke FIFA dan ternyata bikin nyaman dan gak mau balik lagi. Alasannya jelas PES gitu-gitu aja. Apalagi setelah lisensi direbut FIFA makin kalah telak PES," tulisnya.

Di sisi lain, Konami sendiri menjanjikan versi permainan yang lebih menarik bersama eFootball. Berikut lima kelebihan eFootball yang berhasil dirangkum TIMES Indonesia:

1. Dapat dimainkan secara gratis

2. Tidak menggunakan CD, melainkan diunduh secara digital

3. Pembaruan dilakukan setiap musim, tidak menunggu pergantian tahun

4. Dapat dimainkan lintas konsol mulai dari PS4, PS5, PC, Xbox Series X/S, Xbox One, bahkan Android dan iOS

5. Adanya fitur option files yang memungkinkan pemain berbagi data

Sementara itu untuk kelemahannya baru ditemukan dua hal yakni tidak dapat dimainkan secara offline dan kreasi tim yang berbayar.

"Di Indonesia lebih banyak yang main PES karena bisa diakalin untuk spek rendah dan spek FIFA gila banget untuk PC," cuit @richardo_kasih menilai PES vs FIFA.

Apa pun itu, Konami sendiri sudah menyiapkan diri untuk menjawab berbagai pertanyaan para pecinta gim sebelum nantinya eFootball benar-benar dirilis menggantikan PES.

Konami.jpgKonami resmi mengumumkan pergantian PES dengan eFootball. (Grafis: Pandit Football)

"Tim pengembangan berencana menjawab semua pertanyaan sesegera mungkin. Akhir Agustus, tidak lama lagi akan ada informasi terbaru," kata Senior Manager Konami Adam Bhatti dalam akun Twitter miliknya terkait potensi eFootball sebagai pengganti PES. (*)

Pewarta : Ammar Ramzi (MG-235)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.