Gaya Hidup

Pameran Lukisan ARTSPACE Time & Place Singgung Kondisi Sosial Manusia dalam Berkomunitas

Selasa, 07 Maret 2023 - 23:04
Pameran Lukisan ARTSPACE Time & Place Singgung Kondisi Sosial Manusia dalam Berkomunitas Dua seniman Yogyakarta, Ahmad Alwi (kanan) dan Godek Mintorogo menjelaskan hasil karya lukisan ARTSPACE di Lobby Hotel ARTOTEL Suites Bianti Yogyakarta, Selasa (7/3/2023). (Foto: Hendro/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Dua seniman senior asal Yogyakarta, Ahmad Alwi dan Godek Mintorogo menampilkan delapan lukisan indah dalam pameran lukisan dengan tema "Time & Place". Ke delapan karya lukisan tersebut dipamerkan oleh kedua seniman ini di Lobby Hotel ARTOTEL Suites Bianti Yogyakarta, Selasa (7/3/2023). 

Merujuk pada tema pameran lukisan itu, mereka berdua memaknainya sebagai sebuah autentisitas momen dan kejadian sebagai bagian dari fenomena sehari-hari.

Menuangkan hal ini melalui karya seni baik dari Alwi maupun Godek pun dinilai memiliki gaya masing-masing. Mulai dari lukisan penuh hasrat dan detail hingga opini terhadap kondisi sosial yang sering kali dialami manusia dalam hidup berkomunitas. 

Alwi menjelaskan, dirinya menuangkan ide terkait keberadaan waktu dan ruang melalui lukisan penuh warna. Tak hanya menyinggung gagasan "Time & Space" saja. Fenomena sosial pun dituangkan di atas kanvas. Salah satu karyanya yang berjudul Protect Each Other #2, menegaskan kembali hak dan kewajiban manusia untuk saling melindungi serta dilindungi oleh sesama.

Dua-seniman-Yogyakarta-Ahmad-Alwi-a.jpg

"Kekuatan si kuat yang berada di atas sepantasnya disalurkan guna melindungi si lemah yang berada di bawah. Selain itu, juga bersamaan kami berdua turut menghiasi ARTSPACE seperti Only in December, New Life dan Urbex (Urban Explorer)," jelas seniman kelahiran Bantul ini kepada media. 

Godek, yang ikut mendampingi Alwi melalui empat karyanya pada pameran lukisan ini mengatakan, hasrat dan semangat dalam memaknai waktu dan ruang pada proses menghasilkan karya-karya seni. Dinyatakan pula, bahwa melukis baginya dapat berasal dari gagasan yang beragam termasuk kegelisahan dalam menyampaikan buah pikiran. 

"Hasrat yang tidak terbendung mengalir seiring berjalannya waktu membutuhkan ruang untuk menampung seluruh ide luar biasa hingga menjadi suatu karya," kata Godek. 

"Kali ini, karya yang aku bawakan di pameran antara lain seperti Merawat Ingatan #1, Merawat Ingatan #2, Study Bentuk #1 dan Study Bentuk #2," lanjutnya.

Dua-seniman-Yogyakarta-Ahmad-Alwi-b.jpg

Karya lukisan ARTSPACE "Time & Space" ini berkolaborasi dengan pihak Hotel ARTOTEL Suites Bianti. Mereka berdua diberikan kesempatan oleh pihak hotel untuk memamerkan ke delapan karya lukisannya mulai tanggal 7 Maret hingga 7 Mei 2023 mendatang. 

Ditemui terpisah, Art Director ARTOTEL Group, Windi Salomo menuturkan, ARTOTEL melalui ARTOTEL Artspace senantiasa mendukung seniman tanah air yang berfokus pada seniman lokal demikian juga seniman dari kota-kota lainnya. Dengan inilah masyarakat dapat mengetahui lebih dekat seniman-seniman Indonesia dari program pameran yang dirancang secara berkala di ARTOTEL Artspace. 

"Time & Place ini memberi kesempatan kepada seluruh pihak untuk menikmati dan menyimpan memori terbaik pada kesempatan-kesempatan berharga. ARTOTEL Suites Bianti Yogyakarta berharap kesempatan baik ini dapat menjadi memori terbaik di waktu dan tempat yang terbaik pula," ungkap Windi terkait pameran lukisan dua seniman senior Yogyakarta tersebut. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.