Wisata

Pemda DIY Belum Buka Seluruh Obyek Wisata, Meski Vaksinasi Sudah Mencapai 70 Persen

Selasa, 14 September 2021 - 14:14
Pemda DIY Belum Buka Seluruh Obyek Wisata, Meski Vaksinasi Sudah Mencapai 70 Persen Kepala Dinas Pariwisata DIY didampingi Wakil Bupati Bantul meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku wisata. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, BANTUL – Meski vaksinasi bagi pelaku wisata di DIY sudah mencapai 70 persen, namun Dinas Pariwisata DIY belum membuka seluruh obyek wisata. Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyampaikan pernyataan ini, disela - sela pelaksanaan vaksinasi. Bagi pelaku wisata beserta keluarganya di Grand Puri Water Park Gabusan Selasa (14/9/2021).

Berdasarkan data Dinas Pariwisata DIY,  pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku wisata beserta keluarganya sudah dilakukan 34 kali. Namun kondisi ini belum menjamin tidak akan terjadi penularan. Menyusul terdapatnya wisatawan yang kondisi kesehatannya belum diketahui. 

"Setiap wisatawan yang berkunjung harus dipastikan dalam kondisi sehat, "tegas Singgih Raharjo. 

Sebagai ujicoba Dinas Pariwisata DIY membuka 3 obyek wisata. Masing - masing Pinus Sari Mangunan Bantul, Tebing Breksi Sambirwjo Sleman dan Kebun Binatang Gembira Loka di kota Yogyakarta. Untuk memastikan kegiatan wisata tidak menjadi kluster penularan Covid-19, dipastikan 3 obyek wisata ini sudah mengantongi sertifikat CHSE.

Untuk memastikan dapat berwisata di 3 obyek wisata ini, setiap wisatawan harus melakukan reservasi melalui aplikasi Visiting Jogja. Karena pada tahap ujicoba jumlah wisatawan dibatasi 25 persen dari kapasitas. Wisatawan juga harus melalui skrining melalui aplikasi Peduli Lindungi untuk memastikan kesehatannnya.

Singgih berharap ketiga pengelola obyek wisata yang menjadi percontohan dapat menjalankan komitmen yang sudah disepakati. Dengan harapan proses ujicoba berjalan lancar. Sehingga jumlah obyek wisata yang akan menjadi lokasi ujicoba bertambah. Mengingat terdapat obyek obyek wisata lain yang sudah mengantongi sertifikat CHSE. 

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo yang juga meninjau pelaksanaan vaksinasi berpesan, kepada pelaku wisata maupun wisatawan. Agar mematuhi aturan terkait pembukaan obyek wisata. Pesan ini perlu disampaikan, mengingat mulai ramainya obyek wisata di Bantul. Meski berdasarkan instruksi Bupati Bantul terkait PPKM Level 3, Pemkab Bantul belum membuka obyek wisata. 

Joko menyesalkan peristiwa ini dan berharap tidak terulang. Dikhawatirkan pelanggaran terhadap aturan ini dapat meningkatkan kembali kasus Covid-19 di Bantul. Untuk memastikan peristiwa ini tidak terulang, Pemkab Bantul bersama jajaran Kodim dan Polres Bantul harus melakukan pengalihan arus agar wisatawan tidak masuk ke obyek wisata yang memang belum dibuka. 

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.