Berita

Tinjau Infrastruktur Pendidikan dan Pengendali Banjir di Putussibau, Menteri PUPR RI Ingin Kualitas yang Baik

Senin, 29 November 2021 - 06:12
Tinjau Infrastruktur Pendidikan dan Pengendali Banjir di Putussibau, Menteri PUPR RI Ingin Kualitas yang Baik Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Kedamin Hulu di Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (27/11/2021). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Di sela-sela kunjungan kerja bersama Ketua Komisi V DPR RI Lasarus di Kalimantan Barat (Kalbar), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Kedamin Hulu di Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (27/11/2021). Dukungan infastruktur pendidikan merupakan instruksi Presiden RI Jokowi kepada Kementerian PUPR RI guna mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan.

Menteri Basuki dalam arahannya menyampaikan agar pembangunan fisik SDN 01 Kedamin Hulu dapat selesai tepat waktu dengan kualitas mutu yang baik.  

Pembangunan dan rehabilitasi SDN 01 Kedamin Hulu dikerjakan Kementerian PUPRRI  melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar, Ditjen Cipta Karya sejak 6 April 2021 dan ditargetkan selesai Desember 2021. Saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 94% dengan kontraktor pelaksana PT Cakrawala Surya Raya - PT Adian Teknik Natama (KSO).

meninjau-pembangunan-Sekolah-Dasar-SD-Negeri-01-Kedamin-Hulu.jpg

Adapun pekerjaan fisik meliputi pembangunan 11 ruang belajar,  perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, UKS, 12 toilet umum, toilet difabel, dan lansekap. Pekerjaan ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki memeriksa secara detail beberapa komponen bangunan seperti jendela dan pintu hingga sarana sanitasi untuk memastikan kualitas mutu infrastruktur yang dibangun. Menteri Basuki juga meminta agar ketinggian selasar disesuaikan dengan lapangan olahraga serta diberikan railing pengaman dan pagar keliling untuk memberikan kenyamanan dan keamanan siswa.

meninjau-pembangunan-Sekolah-Dasar-SD-Negeri-01-Kedamin-Hulu-2.jpg

"Lingkungan sekolah harus hijau, lapangan harus ada rumputnya dan ditanami tanaman peneduh," tutur Menteri Basuki.

SDN 01 Kedamin Hulu merupakan satu dari 6 sekolah dasar yang direhabilitasi Kementerian PUPR RI di Kabupaten Kapuas Hulu pada TA 2021.  

Usai meninjau perbaikan SDN 01 Kedamin Hulu, Menteri Basuki melanjutkan tinjauan di Danau Sinau yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, Putussibau. Rehabilitasi danau seluas  35 hektare dengan kedalaman 2 meter ini, mulai dikerjakan tahun 2020 untuk meningkatkan fungsi sebagai tampungan air (retarding basin) dan manfaat lainnya seperti penyediaan air baku dan perikanan.

meninjau-pembangunan-Sekolah-Dasar-SD-Negeri-01-Kedamin-Hulu-3.jpg

Menteri Basuki menginstruksikan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 untuk melakukan pengukuran dan pematokan batas danau, perencanaan tanggul danau, pembersihan dan pengerukan sedimen agar Danau Sinau dan danau-danau lainnya di sepanjang Sungai Kapuas secara bertahap agar dapat menjadi tampungan air yang efektif saat banjir.

Turut mendampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dalam tinjauan tinjauan infrastruktur pendidikan dan pengendali banjir tersebut, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Herlan Hutagaol, Kepala BWS Kalimantan 1 Pramono, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalbar Deva Kurniawan, Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Andy Suganda, Kepala BP2JK Sumihar Panjaitan, dan Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.