Pendidikan

UAD Gelar P2K Daring, Prof. Haedar Nashir: Kampus Tempat Menimba Ilmu dan Belajar Kehidupan

Senin, 13 September 2021 - 23:54
UAD Gelar P2K Daring, Prof. Haedar Nashir: Kampus Tempat Menimba Ilmu dan Belajar Kehidupan 11 orang perwakilan mahasiswa baru UAD ketika pengematan jas almamater oleh Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T. (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Haedar Nashir dalam Program Pengenalan Kampus (P2K) sambut 6161 mahasiswa baru UAD 2021 mengatakan P2K ini adalah langkah awal untuk mengenal dan mencintai UAD sebagai almamater. Sekaligus tempat menimba ilmu dan belajar kehidupan.

Menurutnya UAD hadir untuk mendidik generasi umat dan bangsa agar menjadi generasi terbaik, beriman, bertaqwa, berahlak mulia, cerdas, berilmu, berkeahlian dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat luas.

Haedar mengingatkan agar mahasiswa menjadi generasi khaira ummah atau sebaik-baik umat. Generasi terbaik tentu tidak sekali jadi, tapi melalui proses dan tahap demi tahap.  Generasi terbaik umat, menurut dia harus dipupuk dan dibangun dengan semangat yang tinggi.

“Kalian harus menjadi mahasiswa yang berjiwa ihsan hasil dari aktualisasi iman dan taqwa. Ihsan itu beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, walau tidak bisa melihat-Nya tapi yakin Allah melihat,” kata Haedar dalam kuliah umum P2K bagi 6161 mahasiswa baru UAD secara daring, Senin (13/9/2021)

Nah orang yang berjiwa ihsan itu, lanjut Haedar insya Allah akan menjadi orang yang lurus dalam kehidupannya, jujur, amanah dan selalu ingin berbuat kebaikan dalam kehidupan ini. “Jadikan ihsan sebagai moral baik dalam kehidupan pribadi kalian maupun kehidupan bersama,” imbuhya

Selain itu, ia juga menekankan agar mahasiswa di PT Muhammadiyah harus menjadi mahasiswa yang gigih dan mencintai ilmu termasuk di dalamnya profesionalitas. Walaupun di masa pandemi ini kegiatan perkuliahan masih berlangsung secara daring namun harus tetap dijadikan semangat dalam mencari ilmu yang lebih tinggi.

“Justru di era pendemi ini kalian harus lebih disiplin. Kalau tidak ada jiwa mandiri dalam pembelajaran, maka kalian tidak akan memperoleh banyak hal. Jadi harus menjadi orang-orang yang haus dan lapar ilmu, juga menguasai iptek dan keahlian,” ungkapnya

Kepada mahasiswa baru UAD, ia berpesan mereka adalah orang-orang terpilih dari ribuan orang yang daftar ke UAD. Manfaatkanlah peluang menjadi mahasiswa UAD ini menjadi mahasiswa pembelajar, baik belajar ilmu pengetahuan terkait teknologi dan keahlian juga belajar tentang kehidupan.

Sementara Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang para intelektual muda, calon pemimpin bangsa.

"Selamat bergabung di UAD, kami semua merasa bangga, dan bahagia dengan kehadiran mahasiswa baru UAD tahun ajaran akademik 2021/2022," jelasnya.

Kegiatan P2K ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan akademik dan non akademik bagi mahasiswa baru UAD. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan generasi yang berintegritas, mencerahkan, berkemajuan, amanah dan ikhlas.

UAD memiliki visi menjadi perguruan tinggi (PT) yang diakui hingga ke kancah internasional, berlandaskan nilai-nilai keislaman. Menurutnya visi tersebut dikembangkan lebih luas menjadi PT yang unggul, profesional dan memberikan manfaat bagi bangsa dan umat manusia.

Dikatakannya untuk mencapai visi tersebut perlu didukung karakter mahasiswa yang tangguh. Tangguh dalam hal ini diartikan dengan takwa, amanah, nalar, gesit, gembira, ulet dan humanis.

“Impian tersebut kita realisasikan dengan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian pengabdian kepada masyarakat, kerja sama dan tata kelola PT yang baik yang semuanya berlandaskan nilai-nilai keislaman,” ungkapnya

Karakter mahasiswa yang tangguh, menurut dia dinilai menjadi spirit dalam mengukir banyak prestasi. Dengan karakter tersebut telah mengantarkan UAD sebagai salah satu PT Muhammadiyah yang memiliki banyak prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Di masa pandemi Covid-19 ini, mahasiswa diharapakan dapat berkontribusi dalam menciptakan kreatifitas dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi dalam pemulihan kesehatan, ekonomi dan penyelenggaraan pendidikan. “UAD terus berkomitmen dalam membangun mahasiswa yang tangguh melalui proses adapatasi yang kreatif dan inovatif,” tuturnya

Kepala Bina Mahasiswa dan Alumni UAD, Choirul Fajri, S.I.kom, MA menyampaikan rangkaian pelaksanaan P2K dilaksanakan mulai 13 hingga 19 September 2021 ini terdiri dari kegiatan akademik dan non akademik, universitas, pengenalan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan. Juga ada pengenalan fakultas, program studi, pengenalan minat bakat dan lembaga kemahasiwaan.

Terakhir acara P2K mahasiswa baru UAD 2021 akan mengadakan kegiatan Dahlan Muda Mengabdi. “Kami ingin memberikan spirit mahasiwa untuk bisa berkontribusi membangun bangsa dengan kegiatan sosial sebagai respon PT terhadap isu-isu sosial, politik dan ekonomi di Indonesia saat ini,” paparnya (*)

Pewarta : Ahmad Tulung
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.