Pendidikan

Warga Lombok Utara Apresiasi KKN Kolaborasi UGM-UNRAM

Minggu, 29 Januari 2023 - 17:50
Warga Lombok Utara Apresiasi KKN Kolaborasi UGM-UNRAM Rektor UGM, Prof Ova ketika meninjau KKN kolaborasi UGM di Lombok Utara. (FOTO: UGM for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Kepala Desa Gili Indah, Wardana, mengapresiasi pelaksanaan KKN Kolaborasi yang dirintis oleh Universitas Gadjah Mada atau UGM. Hal itu dia utarakan dalam acara kunjungan dan monitoring Rektor UGM dan Ketua Senat Akademik di lokasi KKN Gili Indah, Lombok Utara.

Wardana mengatakan hadirnya KKN Kolaborasi ini memberikan manfaat yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Mahasiswa bisa terjun ke masyarakat dan memberikan bimbingan seperti dalam pembuatan jamu hingga tanaman hidroponik.

“KKN UGM bersama Universitas Mataram (UNRAM) ini luar biasa. Kami sempat mengeluh kenapa Gili Indah terlupakan dengan hadirnya KKN. Alhamdulillah tahun ini ada kolaborasi KKN di wilayah kami,” ujar Wardana.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, juga menyambut baik hadirnya KKN Kolaborasi ini. Ia berharap adanya KKN di wilayah Gili Indah mampu meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya di Lombok Utara yang saat ini masih menghadapi beberapa persoalan, seperti kemiskinan dan stunting.

“Kita terus berusaha menurunkan angka kemiskinan maupun stunting di Lombok Utara. Semoga hadirnya KKN dari UGM yang menggandeng UNRAM ini bisa memberikan manfaat nyata,” ucapnya

Sementara, Rektor UGM, Prof dr Ova Emilia, Mmed Ed Sp OG(K) Ph D, menuturkan hadirnya KKN Kolaborasi di Lombok Utara ini sekaligus menegaskan posisi UGM sebagai Menara Air yang akan selalu memberikan manfaat secara riil kepada masyarakat.

“Tentu harapannya KKN Kolaborasi ini akan memberikan manfaat lebih banyak kepada  masyarakat terutama di Gili Indah,” kata Ova, Minggu (29/1/2023)

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi UNRAM, Prof Akhmaluddin, Ph D, mengucapkan terima kasih atas sambutan masyarakat Gili Indah. Ia berharap KKN Kolaborasi dengan UGM bisa dilanjutkan dan dilebarkan wilayahnya.

KKN Kolaborasi tersebut diikuti 12 orang mahasiswa. Dalam pelaksanaan KKN yang berlangsung dari 18 Desember hingga 4 Februari ini mahasiswa mengangkat beberapa program kerja, meliputi sosialisasi clean up pantai, planting oksigen, daur ulang sampah, mengajar mengaji serta literasi sekolah.

Dalam kunjungan dan monitoring pada Sabtu (28/1/2023) itu juga dilakukan peresmian Pop Up Market oleh Rektor UGM serta penyerahan buku KKN Kemilau Pemenang 2023 kepada Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.