Pendidikan

Situasi Pandemi Terkendali, UMY Gelar Webinar Abdimas 5 Pengabdian Masyarakat

Senin, 27 Juni 2022 - 16:26
Situasi Pandemi Terkendali, UMY Gelar Webinar Abdimas 5 Pengabdian Masyarakat Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Prof Dr Ir Sukamta MT IPM. (FOTO: Humas UMY for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY akan menyelenggarakan Webinar Nasional Pengabdian Masyarakat atau Abdimas 5 pada Selasa (28/6/2022).

Webinar bertema Kreatif di Era Disruptif bagian dari respon UMY terhadap munculnya pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia dua tahun lebih. Akibat pandemi ini, aktivitas kehidupan manusia ikut terdampak.

Namun, seiring berjalannya waktu dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, situasi pandemi mulai terkendali. Bahkan, aktivitas masyarakat yang semula dibatasi kini berlahan sudah mulai ada pelonggaran dan masyarakat dapat melakukan aktivitas seperti sebelum ada pandemi Covid-19.

UMY.jpg

Nah, pada tahun kelima ini Webinar Abdimas akan dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dengan mengundang tiga narasumber. Yakni, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno; Pemilik Syncore, Rudy Suryanto; dan Pendiri Rumah Mocaf, Riza Azyumarridha.

Pada webinar Abdimas ini, ada tujuh sub tema yang diangkat sebagai klaster topik bahasan. Di antaranya, adalah Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik, Kreativitas Pendidikan dan Pembelajara di Sekolah dan Perguruan Tinggi, Kesehatan Keluarga dan Masyarakat.

Juga, Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Berikutnya, tema mengenai Digitalisasi Syiar Islam, Produktivitas dan Daya Saing Industri Pangan, serta Sarana dan Prasaran Publik dan Mitigasi Bencana.

Webinar Abdimas berskala nasional ini diikuti oleh peserta dari berbagai pulau. Yaitu, Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Prof Dr Ir Sukamta MT IPM mengatakan, Webinar Abdimas ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan UMY.

Tujuannya untuk memastikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu implementasi dari Tri Dharma Pendidikan yang tidak hanya berhenti sampai pada laporan saja, namun juga sampai pada output dari pengabdian masyarakat tersebut.

"Output yang diharapkan adalah publikasi, berita di media, video proses pelaksanaan kegiatan, produk inovatif, serta hak paten. Kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa output dari pengabdian benar-benar dihasilkan dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat penerima," kata Sukamta kepada TIMES Indonesia, Senin (27/6/2022).

Sukamta menjelaskan, pada penyelenggaraan Webinar Abdimas tahun sebelumnya, output dari pengabdian masyarakat sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Di antaranya, dipublikasikannya hasil-hasil seminar dalam bentuk prosiding, pameran teknologi tepat guna oleh para UMKM dan BUMDes, dan program hilirisasi antara pelaku UMKM dan BUMDes dengan UMY. Hal ini dianggap sebagai keberhasilan dari pelaksanaan Webinar Abdimas dan kembali menjadi target pada tahun ini.

"Selain itu, target dari pelaksanaan Webinar Abdimas ini adalah munculnya karya tekonologi tepat guna dan inovasi produk unggulan yang dapat dimanfaatkan oleh mitra hingga sampai pada program hilirasasi. Kami juga berharap ada paten baru atau hak cipta baru yang dimiliki oleh para dosen," tandas Sukamta.

Sukamta berharap Webinar Abdimas yang diselenggarakan UMY ini bisa menghasilkan output yang bisa menyentuh langsung kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, ia meminta kepada para peserta webinar diminta dapat berdiskusi dengan penuh dedikasi atas hasil penelitian dan pengabdian masyarakat ini. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.