Pendidikan

Dua Mahasiswa UAJY Raih Best Presentation Award di Jepang

Kamis, 02 Maret 2023 - 20:46
Dua Mahasiswa UAJY Raih Best Presentation Award di Jepang Dua mahasiswa UAJY, Bonifasius Farrel Abhinaya Putra dan Mikhellon Kwa berhasil meraih Best Presentation Award di Jepang. (FOTO: Humas UAJY)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Dua mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Bonifasius Farrel Abhinaya Putra dan Mikhellon Kwa berhasil mendapatkan Best Presentation Award pada ACP International Study Program yang berlangsung pad tanggal 2 hingga 13 Februari di Jepang.

Mereka berdua mengusung tema “GHAE Kobe Earthquake 1995 and 2019 Palu Earthquake”. Bonifasius, Mikhellon dan satu mahasiswa dari UNILA pada presentasi itu memilih tema perbandingan tentang disaster policy (bencana alam) gempa bumi di Kobe pada tahun 1995 dengan bencana gempa bumi di Palu tahun 2019.

“Kami memilih bencana gempa Palu karena berdasarkan research yang telah kami lakukan gempa Palu merupakan salah satu gempa yang langka dan memiliki type of tectonic plate shifts yang hampir mirip dengan gempa Kobe di Jepang yang ingin kami compare,” tutur Mikhellon dalam keterangan resminya, Kamis (2/3/2023).

Sedangkan menurut Bonifasius, bahwa salah satu hal yang menarik dari tema yang diangkat untuk dipresentasikan adalah perbedaan recovery gempa bumi di Kobe dan Palu. Pada saat Indonesia terjadi gempa di Palu, BNPB langsung menghubungi AHA Center untuk membantu recovery bencana gempa bumi namun di Kobe masyarakat dan pemerintah harus recovery sendiri.

Sebelumnya, saat melakukan presentasi mereka berdua banyak mempersiapkan yang harus dilakukan di antaranya melakukan field research di spot yang terdampak gempa bumi Kobe, mencari data dari jurnal dan website, melakukan wawancara dan melakukan pengambilan citra satelit.

Selama proses persiapan sampai menuju keberangkatan field study di Jepang, Bonifasius dan Mikhellon mengapresiasi pihak universitas sangat memberikan dukungan secara penuh. Bentuk dukungan yang dilakukan oleh UAJY dengan memberikan bantuan dana serta memberi kontak untuk mengurus dokumen maupun visa.

“Bahkan kami selalu di follow up dengan kampus yang dituju sehingga kami tidak seperti orang kebingungan,” ujar Bonifasius, mahasiswa Prodi Teknik Industri Kelas International Angkatan 2021 ini.

Dirinya juga berharap agar teman-teman mahasiswa UAJY untuk tetap selalu semangat dan memanfaatkan peluang jika ada event best presenter yang mana selaras dengan bidang-bidang yang diminati. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.