https://jogja.times.co.id/
Pendidikan

Pengabdian Masyarakat, Stikes Bethesda Yakkum Sasar Kelompok Lansia di Kampung Mergangsan Lor

Selasa, 21 Juni 2022 - 17:52
Pengabdian Masyarakat, Stikes Bethesda Yakkum Sasar Kelompok Lansia di Kampung Mergangsan Lor Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat kepada kelompok Lansia di Kampung Mergangsan Lor. (FOTO: Humas Stikes Bethesda Yakkum)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Kesehatan Bethesda Yakkum (Stikes Bethesda Yakkum) Yogyakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Mergangsan Lor Yogyakarta. Pengabdian itu meliputi pengecekan kesehatan terhadap warga yang belum atau sudah memasuki usia lanjut usia (lansia).

Koordinator Pengabdian Masyarakat Stikes Bethesda Yakkum, Marita Kumala Dewi S Kep Ns MAN mengatakan pihaknya berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat terutama di lokasi yang tengah bekerjasama dengan pihak Stikes Bethesda Yakkum. Kemudian, pengabdian ini juga telah dilakukan serangkaian penelitian terkait persoalan kesehatan yang terjadi di masyarakat.

"Karena itu dalam satu kelompok pengabdian masyarakat ada beberapa kali agenda yang diselenggarakan, sesuai dengan kebutuhan warga setempat. Jadi, di kelompok kami ini ada beberapa orang yang memiliki spesialisasi di bidang keperawatan. Ada beberapa agenda juga yang dilaksanakan,” jelasnya, Selasa (21/6/2022).

Marita juga menjelaskan, kegiatan pertama merupakan pemberian edukasi tentang kesehatan reproduksi pada remaja yang disampaikan oleh narasumber Resta Betaliani Wirata S Kep Ns MSN sebagai Spesialisasi Keperawatan Maternitas. Selanjutnya, kegiatan kedua berupa edukasi tentang hipertensi, tuberkulosis dan diabetes yang dilakukan oleh Enik Listyaningsih SKM MPH sebagai Spesialisasi Keperawatan Gerontik dan Dwi Nugroho Heri Saputro M Kep Sp Kep MB Ph D NS sebagai Spesialisasi Keperawatan Medikal Bedah.

“Ini adalah kegiatan keempat yaitu pengukuran tensi dan cek kadar gula darah masyarakat dan juga mengajarkan caranya kepada kader kesehatan,” kata Marita.

Pada kesempatan tersebut, Marita menargetkan kurang lebih 100 warga yang datang untuk mengikuti pengecekan kesehatan. Yang diutamakan pertama adalah pra lansia dan lansia. Dari hasil kajiannya, mereka itu ada permasalahan pada darah tinggi atau hipertensi dan kadar gula.

"Dua penyakit itu perlu dicek secara berkala demi mendapatkan tubuh yang sehat,” terangnya.

Ketua Pengurus Kampung Mergangsan Lor, Tri Nugroho mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat Stikes Bethesda Yakkum yang berlangsung di Kampung Mergangsan Lor ini memberikan dampak positif bagi warga sekitar. Lantaran, warga mendapatkan edukasi tentang kesehatan jiwa dan raga serta bisa mengecek kesehatan diri sendiri. “Kebetulan ada banyak ibu dan bapak yang antusias untuk ikut kegiatan pengecekan kesehatan ini. Ibu-ibu PKK juga terbantu sekali dengan edukasi kesehatan, cara menggunakan alat-alat hingga cara memeriksa,” ungkap Tri. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.