Pendidikan

UMY Optimis Lakukan Aktivitas Akademik di Masa Endemi

Kamis, 09 Juni 2022 - 12:53
UMY Optimis Lakukan Aktivitas Akademik di Masa Endemi Para wisudawan/wisudawati UMY yang juga disaksikan oleh para orang tua/wali wisudawan di gedung Sportorium UMY pada pelaksanaan Wisuda Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana UMY Periode IV Tahun Ajaran 2021/2022. (Foto: UMY for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Aktivitas akademik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) lambat laun kembali berjalan dengan normal. Dengan pertimbangan kondisi pandemi yang kian terkendali dan segera beralih menjadi endemi, UMY disebut menjadi pelopor untuk melakukan aktivitas dengan suasana endemi.

Salah satunya pada pelaksanaan Wisuda Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana Periode IV Tahun Ajaran 2021/2022 yang diselenggarakan pada Rabu (8/6/2022) untuk sesi pertama dan Kamis (9/6/2022) untuk sesi kedua di Gedung Sportorium UMY.

Pada upacara wisuda yang digelar secara luring maupun daring ini, para orang tua dan wali sudah kembali diperbolehkan untuk mengikuti prosesi wisuda dengan syarat telah divaksin minimal dosis kedua dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menggunakan masker.

Universitas-Muhammadiyah-Yogyakarta-2.jpg

Rektor UMY, Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM menjelaskan, mulai semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, UMY akan melaksanakan penuh kegiatan akademik secara luring dengan suasana endemi.

“Endemi di sini berarti kita telah berdamai dengan sumber penyakit dan hidup berdampingan dengannya namun dengan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat,” imbuhnya, Kamis (9/6/2022).

Berkaitan dengan hal itu, dijelaskan bahwa secara teknis penangan pandemi di lingkungan universitas dua tahun belakangan ini telah dapat dilihat hasilnya di mana empat bulan terakhir ini sudah tidak ada lagi laporan kasus infeksi Covid-19 dari para mahasiswa, dosen dan juga tendik.

"Saya yakin hal ini adalah hasil kerja keras dari para civitas akademika dalam menjaga protokol kesehatan selama beraktivitas di tengah pandemi," tuturnya.

Lebih lanjut, Gunawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada 108 mahasiswa relawan Covid-19 yang telah bekerja keras selama masa pandemi. Menjadi relawan merupakan pekerjaan yang berat, namun para relawan tersebut pantang menyerah dan terus melaksanakan tugasnya hingga akhir.

"Mulai dari menjaga gerbang kampus hingga membantu memberikan logistik kepada teman-teman yang sedang melakukan isolasi mandiri. Hanya Allah SWT lah yang dapat memberikan balasan setimpal atas amal jariyah yang telah kalian lakukan selama ini,” ujarnya.

Lalu, ia berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati bahwa mereka adalah calon pemimpin bangsa yang akan memasuki dunia baru setelah prosesi upacara wisuda ini berakhir. Dengan isu bahwa tahun keemasaan Indonesia akan datang menjelang tahun 2040 mendatang diiringi perbincangan tentang bonus demografi, negara ini diharapkan telah siap untuk menjadi negara yang dihormati di dunia internasional.

"Menghadapi hal ini, penyiapan sumber daya manusia menjadi penting untuk di bahas. Para tenaga muda dengan kelebihan energi yang ada haruslah sepadan dengan kualitas dan skill yang dimiliki," jelas Gunawan.

“Alhamdulillah pada hari ini kalian telah menapaki satu persiapan dengan kualitas yang tentunya lebih baik. Pendidikan sarjana dan pascasarjana bukanlah akhir dari segalanya, selama nyawa masih ada di dalam tubuh, kita wajib terus belajar untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri,” tutup Rektor UMY tersebut. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.