https://jogja.times.co.id/
Pendidikan

Mahasiswa ITNY Sukses Selenggarakan Kegiatan Mengajar Desa

Sabtu, 27 November 2021 - 13:50
Mahasiswa ITNY Sukses Selenggarakan Kegiatan Mengajar Desa Suasana kegiatan Mengajar Desa yang dilakukan mahasiswa ITNY di SD Negeri 1 Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah. (FOTO: Humas ITNY for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) sukses menyelenggarakan Program Mengajar Desa. Program pemberdayaan organisasi mahasiswa yang dipusatkan di SD Negeri 1 Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah.

Bertema kepedulian organisasi mahasiswa dalam pemerataan pendidikan di wilayah pedesaan, suasana kegiatan tersebut semakin meriah ketika ada pementasan Tarian Penggayong yang dimainkan oleh mahasiswa ITNY asal Papua Barat.

Selain warga setempat, acara ini juga dihadiri perangkat desa setempat, guru dan siswa Sekolah SDN 1 Gendayakan, anggota Polsek Paranggupito, Anggota Koramil Paranggupito, Pejabat ITNY, dan mahasiswa ITNY.

"Dalam program tersebut kami berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Gendayakan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan KKN Tematik di Desa Gendayakan," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan ITNY, Rizqi Muhammad Mahbub kepada TIMES Indonesia, Sabtu (27/11/2021).

ITNY a

Guru SD Negeri 1 Gendayakan, Winarto menjelaskan organisasi mahasiswa mengajar desa merupakan program yang menarik dan bermanfaat bagi anak didik. Sebab, kegiatan tersebut dapat memberikan pengalaman pengajaran para mahasiswa berdasarkan latar belakang ilmu organisasi-nya serta menumbuhkan semangat belajar.

"Kami merasa bangga dan terima kasih karena sekolah kami mendapatkan kesempatan belajar bersama mahasiswa ITNY," terang Winarto.

Tiga organisasi mahasiswa (ormawa) terlibat aktif pada kegiatan tersebut. Di antaranya, UKM Gapadri Mapala, UKM Resimen Mahasiswa, dan KSM Aruthala ITNY. Organisasi mahasiswa independen yang baru berdiri Oktober lalu, KSM Aruthala berfokus pada pendidikan, penelitian, dan kompetisi.

"Kami yang ada di KSM Aruthala sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh Kemahasiswaan ITNY," jelas Ketua KSM Aruthala, Wallahul Musytaan.

Pada kegiatan ini, resimen mahasiswa Sat-6 ITNY mendelegasikan sembilan anggota aktif untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini mereka juga melakukan mentoring terhadap anak-anak dan remaja dalam bentuk kegiatan Bakti Wira Yudha.

Bahkan, mahasiswa ITNY mengajarkan bagaimana melatih meningkatkan konsentrasi, kefokusan, daya ingat, kerja sama tim, kekompakan, pantang menyerah, dan semangat kepada remaja dan pelajar Desa Gendayakan.

ITNY b

Senada disampaikan Ketua Umum Gapadri Mapala ITNY, Moh. Igal Nur. Sebagai mahasiswa, Nur mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh intitusi terkhusus bidang kemahasiswaan yaitu Organisasi Mahasiswa Mengajar.

Menurutnya, dengan kegiatan mengajar desa, setidaknya mereka sebagai mahasiswa indonesia dapat membantu negara sendiri dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Semoga dengan adanya kegiatan Organisasi Mahasiswa Mengajar dapat membuat semua anak indonesia dapat memiliki hak dan akses pendidikan yang merata dan menuju indonesia yang lebih baik," terang Ketua Umum Gapadri Mapala ITNY, Moh. Igal Nur. (*)

Pewarta : A Riyadi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.