https://jogja.times.co.id/
Pendidikan

Laboratorium Kalibrasi UII Raih Sertifikat Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:38
Laboratorium Kalibrasi UII Raih Sertifikat Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional Kepala BSN, Kukuh S. Achmad (kiri) ketika menyerahkan Sertifikat Akreditasi Laboratorium Kalibrasi kepada UII di Auditorium Abdul Kahar Muzakkir UII. (FOTO: Humas UII for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Laboratorium Terpadu Universitas Islam Indonesia atau UII meraih sertifikat akreditasi sebagai Laboratorium Kalibrasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Laboratorium ini memfasilitasi kegiatan kalibrasi seluruh peralatan yang dimiliki oleh laboratorium di lingkungan UII. Khususnya untuk ruang lingkup Massa (Neraca Elektronik) dan Instrumen Analitik (Spektrofotometer UV-Vis).

Kepala Laboratorium Terpadu UII, Rudy Syah Putra, PhD berkomitmen untuk terapkan manajemen mutu dan teknis ruang lingkup kalibrasi sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017. Selain itu tetap mengedepankan pelayanan prima Laboratorium Terpadu UII yakni akurasi pengukuran, ketepatan waktu dan integritas layanan.

Melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII telah melakukan Audit Mutu Internal (AMI) tiap tahun untuk membantu komitmen kualitas pelayanan. “Tujuan kalibrasi peralatan ukur adalah menjamin ketertelusuran pengukuran, sehingga hasil pengukuran dapat dipercaya,” kata Rudy kepada TIMES Inodonesia, Jumat (1/6/2022)

Laboratorium Terpadu UII telah memberi layanan Pengujian sejak 2010 dan mulai 2022 ini memberikan layanan Kalibrasi yang sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017. Juga proses penyiapan dokumen ISO/IEC 17043 sebagai Penyelenggara Uji Profisiensi (PUP) kalibrasi Neraca Elektronik.

Saat ini, dukungan kalibrator standar untuk kalibrasi Neraca Elektronik yang telah dimiliki antara lain Anak Timbang kelas E2 (0,1 g-500 g), kelas F1 (1 g-1000 g) dan kelas F2 (1 g-500 g) serta Glass Filter Holmium, Didymium, dan Neutral Density untuk kalibrasi Spektrofotometer UV-Vis.

Rudy menambahkan mekanisme pelayanan di Laboratorium Kalibrasi di mulai pelanggan melakukan pendaftaran online melalui SIMLAB (https://simlab-uii.id/login) atau langsung datang ke ruang Penerimaan Sampel yang terletak di lantai dua gedung Laboratorium Terpadu.

Selanjutnya laboran akan mengkaji ulang permintaan pelanggan dan menjadwalkan pekerjaan kalibrasi.

Setelah pekerjaan kalibrasi dilaksanakan, pelanggan melakukan pembayaran sebagai syarat sertifikat kalibrasi dapat diterbitkan atau dikirimkan langsung kepada pelanggan.

“Pelayanan Pengujian dan Kalibrasi terbuka untuk pelanggan internal dan eksternal UII,” ujarnya

Ia menuturkan proses ini diawali dengan pelatihan kompetensi ruang lingkup kalibrasi neraca elektronik dan spektroskopi UV-Vis. Kemudian pelatihan penyesuaian dokumen manajemen mutu dan manajemen teknis kalibrasi serta pembuatan dokumen panduan mutu dan teknis.

Berikutnya dilanjutkan pengajuan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium Kalibrasi pada Januari dengan ruang lingkup Neraca Elektronik dan Spektrofotometer UV-Vis. Semua dokumen mutu dan hasil pelaksanaan kalibrasi jadi syarat untuk pengajuan akreditasi, yang diajukan pada Desember 2021.

“Alhamdulillah, Lab Terpadu UII kini telah siap melayani kalibrasi dengan ruang lingkup massa (Neraca Elektronik) dan instrumen analitik (spektroskopi UV-Vis) di regional Yogyakarta,” papar Ketua Pelaksana Suci Miranda, ST MSc

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Laboratorium Kalibrasi (LK-376-IDN) Laboratorium Terpadu UII tersebut diberikan langsung oleh Kepala Badan Standar Nasional (BSN), Drs. Kukuh Syaefudin Achmad, MSc kepada Universitas Islam Indonesia beberapa waktu lalu. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.