https://jogja.times.co.id/
Pendidikan

ITNY Gelar Wisuda 416 Lulusan dengan Sertifikasi Kompetensi Berlisensi BNSP

Minggu, 29 September 2024 - 14:00
ITNY Gelar Wisuda 416 Lulusan dengan Sertifikasi Kompetensi Berlisensi BNSP Rektor ITNY, Dr. Ir. Setyo Pambudi, M.T., saat memberikan kata sambutan. (FOTO: Dok. ITNY)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTAInstitut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meluluskan sebanyak 416 mahasiswa dalam Wisuda Periode II Tahun Akademik 2023/2024 yang digelar hari ini. Prosesi wisuda ini terdiri dari 8 lulusan Program Magister, 384 lulusan Program Sarjana, dan 24 lulusan Program Diploma.

Ketua Panitia, Ir. Eka Yawara, M.T., menyampaikan bahwa dalam wisuda kali ini, para lulusan berasal dari berbagai program studi, dengan rincian sebagai berikut:  
- Program Magister: 8 lulusan  
- Program Sarjana: Teknik Sipil (54 lulusan), Teknik Mesin (38 lulusan), Teknik Elektro (19 lulusan), Teknik Geologi (82 lulusan), Perencanaan Wilayah Kota (61 lulusan), Teknik Pertambangan (130 lulusan)  
- Program Diploma: Teknik Mesin D3 (16 lulusan) dan Teknik Elektronika D3 (8 lulusan).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia juga mengumumkan prestasi akademik yang diraih para wisudawan. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi mencapai 3,98 yang diraih oleh lulusan Program Magister. 

Secara keseluruhan, IPK rata-rata untuk Program Magister adalah 3,85 dengan masa studi 2 tahun. Sedangkan, Program Sarjana mencatat IPK rata-rata 3,17 dengan masa studi 5,41 tahun, dan Program Diploma mencatat IPK rata-rata 3,88 dengan masa studi 3,88 tahun. Sebanyak 70 wisudawan meraih predikat cum laude.

Selain menerima ijazah, transkrip nilai, dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), beberapa wisudawan juga mendapatkan sertifikat uji kompetensi berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ITNY. 

Beberapa wisudawan juga meraih prestasi di bidang akademik maupun non-akademik, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

Rektor ITNY, Dr. Ir. Setyo Pambudi, M.T.,dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan. 

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras yang Saudara lakukan selama belajar di ITNY. Semoga ilmu yang Saudara peroleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan bangsa,” ungkapnya.

Ia juga menekankan pentingnya peran alumni dalam menjaga nama baik almamater di masyarakat.

“Setelah acara wisuda ini, Saudara menjadi alumni ITNY. Saudara sebagai alumni merupakan representasi ITNY di masyarakat. Oleh karena itu, jagalah nama baik almamater dan jadilah pribadi yang percaya diri namun tetap rendah hati,” tambah Setyo Pambudi.

Pada kesempatan yang sama, Setyo Pambudi juga menginformasikan bahwa pada tanggal 21 Agustus 2024, tiga program studi di ITNY, yaitu Program Magister Teknik Geologi, Teknik Geologi, dan Teknik Mesin, berhasil meraih akreditasi "Baik Sekali" dari LAM Teknik. 

“Kami berharap di masa depan, ketiga program studi ini dapat meraih akreditasi ‘Unggul’, dan ITNY terus berbenah untuk meningkatkan mutu akademik dan kompetensi lulusannya,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan wisudawan, Nopi Hariadi, dalam pidato perpisahannya, menyampaikan terima kasih kepada para dosen, tenaga kependidikan, dan orang tua. 

"Kami sampai di titik ini bukan hanya karena usaha kami sendiri, tetapi juga berkat dukungan dari banyak pihak, terutama orang tua yang telah memberikan doa dan dukungan tanpa henti," ujarnya.

Ia juga mengenang perjalanan kuliah yang penuh tantangan, khususnya ketika pembelajaran daring diterapkan akibat pandemi.

"Meskipun banyak kendala, seperti jaringan internet dan pembelajaran jarak jauh, kami berhasil melewati semua itu bersama-sama. Kini, saatnya kita menempuh perjalanan baru, namun saya berharap hubungan pertemanan kita tetap terjaga," pungkas Nopi. (*)

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.