Berita

Pemerintah Siapkan Pengungsian Korban Erupsi Gunung Semeru

Minggu, 04 Desember 2022 - 14:56
Pemerintah Siapkan Pengungsian Korban Erupsi Gunung Semeru Kondisi terkini APG Gunung Semeru di Gladak Perak. (FOTO: Info Semeru).

TIMES JOGJA, MALANG – Aktivitas erupsi Gunung Semeru terus meningkat. Terharu, luncuran Awan Panas Guguran atau APG Gunung Semeru sudah melintasi Gladak Perak, Minggu, (4/12/2022) siang.

Hal ini disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melalui akun Facebook-nya. "Masyarakat Lumajang, saat ini APG Semeru sudah melebihi Gladak Perak. Proses evakuasi telah berjalan," ujar Thoriqul Haq pasca erups Gunung Semeru.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkab Lumajang telah melakukan langkah darurat untuk warga sekitar Gunung Semeru. "Beberapa posko evakuasi dan tempat pengungsian sedang dipersiapkan," sebutnya.

Dari informasi yang berhasil diperoleh, saat ini luncuran APG Gunung Semeru telah mencapai sejauh 12 kilometer. Petugas sudah melakukan evakuasi masyarakat yang berada di zona merah.

Salah satu daerah yang dilakukan evakuasi adalah warga Dusun Kamar A, Desa Supiturang, Kecamatan Lumajang. Masyarakat telah diungsikan ke tempat yang aman 

APG Gunung Semeru juga mengakibatkan besuk Kobokan Tutup Total. Biasanya jalur tersebut digunakan untuk masyarakat menuju Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Dalam foto yang beredar, luncuran APG Gunung Semeru berwarna abu-abu gelap tampak melitas di Jembatan darurat di Gladak Perak yang berada di area Besuk Kobokan. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.