Pendidikan

Universitas Alma Ata Terjunkan 515 Mahasiswa KKN di Tiga Desa Kabupaten Bantul

Selasa, 14 Juni 2022 - 18:11
Universitas Alma Ata Terjunkan 515 Mahasiswa KKN di Tiga Desa Kabupaten Bantul Rektor UAA Yogyakarta, Prof dr H Hamam Hadi MS Sp GK D Sc (kiri) didampingi Kepala DLH Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho memukul gong sebagai tanda pelepasan KKN Tematik Periode 3 Tahun 2022. (Foto: Hendro S.B/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Rektor Universitas Alma Ata atau UAA Yogyakarta, Prof dr H Hamam Hadi melepas sebanyak 515 mahasiswa, Selasa (14/6/2022). Mereka merupakan peserta Kuliah Kerja Nyata atau KKN Tematik Periode 3 Tahun 2022. Para mahasiswa KKN akan diterjunkan di tiga Desa atau Kelurahan di Kabupaten Bantul. Yaitu, Kelurahan Sendangsari, Maguwosari dan Triwidadi.

Prof Hamam berharap para mahasiswa dapat melakukan kegiatan KKN ini sebagai sebuah 'menara air'. Artinya, mampu menghidupkan bumi yang mati, yang tandus dan juga kering maupun yang belum subur.

"Kalian ibaratkan seperti sebuah menara air, bisa memberikan pemanfaatan dan penghidupan layaknya Allah SWT. Hal ini bisa dilakukan kepada manusia-manusia di bumi itu yang terdapat di Kecamatan Pajangan (tiga desa) Kabupaten Bantul itu," jelas Prof Hamam.

Untuk itu, Rektor UAA juga mengingatkan kepada para mahasiswanya harus memiliki niat yang baik serta tulus. Niat baik ini ditunjukkan pada pembelajaran yang independen, kolaboratif, bersih, saling bersinergi satu sama lain dalam sebuah kelompok KKN.

"Dari pembelajaran itu maka kalian bisa memberikan sesuatu yang bisa menjadikan kondisi sekitarnya menjadi lebih baik terutama untuk desa Sendangsari, Maguwosari dan Triwidadi," tuturnya.

Rektor-UAA-Yogyakarta-b.jpg

Melihat kesiapan para mahasiswa UAA yang akan mengikuti kegiatan KKN Tematik di Bantul, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho ST M Sc menyatakan, sesuai dengan tema KKN Tematik UAA kali ini, pihaknya menjabarkan terdapat lima misi yang telah dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Bantul. Namun dari kelima misi ini, dirinya memfokuskan pada misi yang keempat yaitu peningkatan kualitas lingkungan hidup, infrastruktur dan pengurangan resiko bencana.

"Jadi Bantul Bersama ini adalah salah satu program strategis dari pak Bupati yang merupakan jabaran dari misi yang keempat itu," ungkap Ari yang juga hadir secara langsung mendampingi pelepasan KKN Tematik UAA.

Pun begitu, Ari menegaskan jika program strategis Bantul Bersama ini tidak akan mampu dicapai oleh pemerintah namun hanya bisa dicapai dari hasil kinerja pemerintah. Artinya perlu adanya sinergitas serta dukungan dari berbagai pihak salah satunya adalah dari perguruan tinggi.

"Jadi hari ini kami sangat mengapresiasi seluruh pihak civitas akademika Universitas Alma Ata yang telah bersinergi bersama Kabupaten Bantul untuk menyukseskan program strategis Bantul Bersama ini," imbuhnya. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.