Olahraga

Menteri PUPR RI Sampaikan Komitmen Dukung Pengembangan Olahraga Nasional Melalui Pembangunan Sarana Olahraga

Senin, 06 Maret 2023 - 20:56
Menteri PUPR RI Sampaikan Komitmen Dukung Pengembangan Olahraga Nasional Melalui Pembangunan Sarana Olahraga Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat hadir dalam pembukaan Rapat Anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Senin (6/3/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono menyampaikan komitmen Kementerian PUPR RI untuk terus mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional melalui pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

"Saya sebagai Menteri PUPR harus menyiapkan berbagai venue/sarana dalam rangka pertandingan internasional multi event seperti dukungan revitalisasi stadion yang disiapkan menggelar Piala Dunia U-20 2023, juga konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK untuk persiapan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, dan nanti Pesta Olahraga Pantai Dunia ANOC 2023," kata Menteri PUPR RI dalam pembukaan Rapat Anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Senin (6/3/2023).

Menteri PUPR RI yang juga sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) mengatakan, juga akan terus mendorong cabang olahraga (cabor) dayung agar dapat meningkatkan sumbangan medali emas dalam berbagai pertandingan internasional.

Komite-Olimpiade-Indonesia.jpgMenteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari saat foto bersama dalam acara  pembukaan Rapat Anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Senin (6/3/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

InsyaAllah selalu dapat memberikan kontribusi medali emas baik juga di Sea Games 2023 Kamboja dan Asian Games ke-XIX di China. Sumbangan emas di Olimpiade 2024 nanti juga merupakan tanggung jawab saya," kata Menteri PUPR RI.

Menteri PUPR RI yang juga baru saja terpilih sebagai Chef de Mission (CDM)/Ketua Kontingen Tim Indonesia untuk perhelatan Asian Games ke-XIX yang direncanakan berlangsung di Hangzhou, China, pada 23 September - 8 Oktober 2023 mengatakan, akan melaksanakan tugas tersebut sebaik mungkin.

"Saya ingin melaksanakan tugas sebagai CDM dengan sebaik-baiknya. Terima kasih kepada ketua KOI yang telah memercayakan tugas ini kepada saya. Sebagai CDM saya akan belajar hal baru. Saya mohon dukungan seluruh cabor, karena hanya dengan kekompakkan, prestasi akan dicapai dengan lebih baik," ujar Menteri PUPR RI.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga hadir dalam acara tersebut meyakini bahwa di bawah kepemimpinan Menteri Basuki sebagai Chef de Mission (CDM) Asian Games ke-XIX dapat membawa kesuksesan yang gemilang pada tim Indoneska.

"Semua negara disegani bukan hanya karena kekuatan militer dan ekonomi, tapi juga karena prestasi olahraganya. Siapa yang tidak tahu Argentina dan Brazil sebagai penghasil pemain sepakbola dunia. Jadi kalau Indonesia ingin disegani, maka olahraga kita juga harus berprestasi di internasional," kata Bambang.

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan semua cabang olahraga yang telah sukses menyelenggarakan acara olahraga internasional di Indonesia seperti Asian Games 2018, MotoGP, Motocross, dan lainnya. Dengan beberapa pertandingan internasional yang sukses diselenggarakan di Indoneska, ia mengatakan bahwa semakin banyak berbagai Presiden Asosiasi atau Federasi olahraga internasional berkunjung ke Indonesia.

Pada acara yang dibuka Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono itu, Oktohari juga menyampaikan bahwa Presiden RI Jokowi menyampaikan Indonesia siap jadi tuan rumah Olimpiade pada 2036. "KOI memiliki tugas penting sebagai penjaga piagam Olimpiade di Indonesia. Target kita harus berkumandang lagu Indonesia Raya di setiap pertandingan olahraga, dengan begitu berarti kita memperoleh emas," katanya.(*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.