Olahraga

3 Momen Emosional Markis Kido Persembahkan Gelar Juara untuk Indonesia

Senin, 14 Juni 2021 - 21:49
3 Momen Emosional Markis Kido Persembahkan Gelar Juara untuk Indonesia Markis Kido dalam sebuah pertandingan (Foto: Badminton Indonesia)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Legenda bulutangkis Indonesia Markis Kido tutup usia pada Senin (14/6/2021). Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi publik bulutangkis nasional. Hal itu tidak lepas dari catatan prestasinya untuk Indonesia.

Berikut tiga momen emosional yang dipersembahkan oleh Markis Kido selama bermain untuk Indonesia di ajang internasional.

1. Juara Dunia 2007

Nama Markis Kido/Hendra Setiawan berhasil mengharumkan Indonesia dalam ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2007 yang bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Markis/Hendra mengalahkan unggulan ke-13 dari Korea Selatan, Jung Jae-sung/Lee Yong-dae dalam tempo 33 menit, dengan dua set langsung 21-19, 21-19

2.  Emas Olimpiade Beijing 2008

Momen paling emosional bagi Markis Kido bisa jadi adalah saaat mempersembahkan medali emas dalam Olimpiade Beijing pada 2008. Betapa tidak, sehari jelang perayaan kemerdekaan Indonesia, dia dan pasangannya Hendra Setiawan mampu meraih emas.

Di babak puncak Kido/Hendra  mengalahkan ganda Tiongkok lainnya, Cai Yun/Fu Haifeng dengan rubber game, 12-21, 21-11, 21-16. Untuk bisa mendapatkan medali emas tersebut dilalui dengan jalan terjal karena Kido sempat mengalami cedera.

3. Juara Badminton Asia Championship 2009

Momen emosional lainnya dipersembahkan oleh Markis Kido saat menjadi juara pada Badminton Asia Championships 2009 di sektor ganda putra.

Bersama pasangannya, Hendra Setiawan sukses menaklukkan wakil Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong, dengan skor ketat 21-18 dan 26-24.

Markis Kido bDuet Hendra/Kido persembahkan medali emas untuk Indonesia (Foto: AFP) 

Kini momen emosional itu tinggal menjadi kenangan. Markis Kido layak untuk mendapatkan gelar pahlawan bulutangkis nasional berkat catatan prestasinya tersebut. Perjuangannya menjadi inspirasi bagi atlet bulutangkis Indonesia untuk meraih prestasi tertinggi. (*)

Pewarta : Ovan Setiawan
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.