Olahraga

Jepang Kalahkan Spanyol dan Lolos 16 Besar, Jerman Angkat Koper

Jumat, 02 Desember 2022 - 06:37
Jepang Kalahkan Spanyol dan Lolos 16 Besar, Jerman Angkat Koper Seleberasi pemain Jepang yang merayakan keberhasilan menang 2-1 atas Spanyol sekaligus keberhasilan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (foto: FIFA)

TIMES JOGJA, JAKARTAJepang luar biasa sekaligus memunculkan kontroversi. Mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan dua juara dunia Jerman dan Spanyol. 

Tim berjuluk Samurai Biru ini kembali membuat kejuatan dengan mengalahkan Spanyol 2-1 di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 yang menentukan, Jumat (2/11/2022) dini hari. 

Kemenangan ini tidak hanya membuat Jepang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 dan memuncaki klasemen Grup E, namun sekaligus membuat Jerman,-yang mereka kalahkan 2-1 dilaga pembukaan,- angkat koper dari Qatar meski di waktu yang sama menang 4-2 atas Kosta Rika.

Selebrasi-Morata.jpgPemain Spanyol Alvaro Morata merayakan golnya ke gawang Jepang. Meski kalah 1-2 dari Jepang, Spanyol tetap lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (foto: FIFA)

Di sistem gugur, Jepang akan menghadapi runner up Grup F, Kroasia, pada 5 Desember mendatang, sedangkan Spanyol akan menghadapi jawara Grup F, Maroko, pada 6 Desember nanti. 

Dalam pertandingan di Stadion International Khalifa, Spanyol tampak akan memenangkan pertandingan ketika Alvaro Morata mencetak gol di menit awal. Pemain klub Atletico Madrid itu mencetak gol di menit ke-11 dengan sundulan sempurna menyambut umpan lambung Cesar Azpilicueta. 

Dua Gol Cepat dan Kontrovesi VAR

Gol-Jepang.jpgTangkapan layar pertandingan Jepang vs Spanyol yang menunjukkan bola sudah keluar garis sebelum terjadi gol ke dua Jepang. (foto: tangkapan layar)

Tetapi Jepang tidak kenal kata menyerah. Di babak kedua, mereka bangkit dari ketertinggalan dengan dua gol cepat untuk membuat pertandingan ini dikenang hingga bertahun-tahun mendatang.

Ritsu Doan, yang datang sebagai pemain penganti, mencetak gol lewat tendangan keras dari luar kota penalti di menit ke-48. 

Tiga menit berselang, giliran Ao Tanaka yang mencetak gol untuk membuat Jepang unggul 2-1. Gol ini sempat memunculkan protes pemain Spanyol karena menganggap bola sudah keluar lapangan. Namun, teknologi VAR membuat wasit memutuskan gol itu sah bagi Jepang.

Namun, gol kedua Jepang ini juga memunculkan kontroversi karena dalam tayangan ulang bola sudah meninggalkan garis lapangan sebelum menjadi gol.

Jerman Tersingkir

Jerman.jpgPemain Jerman tentunduk menyadari fakta mereka tersingkir di fase grup pada Piala Dunia 2022. (foto: AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Di pertandingan Grup E lain, Jerman yang membutuhkan kemenangan secara meyakinkan menang 4-2 atas Kosta Rika. 

Meski demkikan, kemenangan besar ini tidak cukup membawa mereka ke babak 16 besar. Nilai mereka hanya 4 dan berada di posisi tiga klasemen akhir Grup E. Nilai Jerman sebenarnya sama dengan yang dimiliki Spanyol. Namun La Roja punya produktivitas gol lebih baik. Adapun Kosta Rika berada di posisi bawah dengan nilai 3.

Dalam pertandingan ini, gol Jerman diciptakan oleh Serge Gnabry pada menit ke-10, Kai Havertz pada menit 73 dan 85, serta dan Niclas Fullkrug dalam menit ke-89, sedangkan dua gol Kosta Rika dibuat oleh Yeltsin Tejeda pada menit 58 dan Juan Pablo Vargas pada menit 70. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.