Olahraga

Valtteri Bottas Start Paling Belakang Meski Raih Kualifikasi Terbaik, Ini Penyebabnya

Sabtu, 11 September 2021 - 17:23
Valtteri Bottas Start Paling Belakang Meski Raih Kualifikasi Terbaik, Ini Penyebabnya Valtteri Bottas dengan Mercedes W12nya, Minggu besok dalam perlombaan yang sesungguhnya akan start dari paling belakang.(FOTO A:Mercedes AMG F1)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Pebalap Finlandia, Valtteri Bottas akan start dari grid paling belakang, pada balapan F1 Minggu (12/9/2021) besok di Autodromo Nazionale Monza setelah Mercedes melakukan langkah strategis dengan mengubah beberapa komponen power unit (PU) pada mobil Mercedes F1 W12.

Valtteri Bottas sempat mencatatkan waktu tercepat mengasapi rekan setimnya, Lewis Hamilton pada  kualifikasi untuk menjadi yang terbaik sekaligus membantu Mercedes menempatkan kedua mobilnya di grid pertama dan kedua Sprint Race.

Namun jagoan Mercedes-AMG Petronas ini dipastikan tidak akan menempati pole position GP Italia 2021.

Sebab Prinsipal Mercedes-AMG, Toto Wolff telah memastikan bahwa pihaknya akan mengganti mesin milik Bottas untuk balapan. Akibatnya, dia harus memulai balapan dari posisi paling belakang.

Valtteri Bottas akan memulai Sprint Race, Sabtu (11/9/2021), di Monza dari P1, untuk memberinya kesempatan memperebutkan maksimal tiga poin jika memenangi balapan sejauh 100 km.

Mercedes W12Prinsipal Mercedes-AMG, Toto Wolff telah memastikan telah mengganti mesin milik Bottas untuk balapan.(FOTO B:f1i.com)

Namun apapun hasil di Sprint Race itu, Bottas tetap akan start dari posisi paling belakang di balapan sesungguhnya pada hari Minggu.

Tetapi kecepatan yang dimiliki pemenang sembilan Grand Prix dan 63 podium itu saat mencatatkan waktu terbaik di kualifikasi pada Jumat, memberikannya kepercayaan diri tinggi untuk meraih poin maksimal.

"Saya pikir untuk Sprint Race jelas kami memiliki kemungkinan untuk mendapatkan beberapa poin, jadi tentu saja, kami berusaha untuk mendapatkan poin maksimal," kata runner-up F1 2019 dan 2020 ini.

"Kemudian ada pertarungan lainnya pada Minggu. Sekarang, saya akan fokus pada satu balapan yang akan datang, dan setelah itu memikirkan balapan Minggu," ujarnya.

"Jika melihat kecepatan yang kami miliki di sini, saya yakin kami masih bisa mendapatkan poin bagus pada hari Minggu," tambah Valtteri Bottas.

Sebenarnya Bottas merebut posisi puncak dengan catatan waktu tercepat 1 menit dan 19,555 detik. Dia mengalahkan rekan satu timnya, Lewis Hamilton yang harus menduduki posisi kedua.

Meski demikian, posisi yang didapat Valtteri Bottas di sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia itu hanya untuk tempat terdepan saat nanti sprint qualifying F1 GP Italia 2021. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.