Olahraga

Timnas Jepang Taklukkan Para Juara di Piala Dunia 2022 Qatar

Jumat, 02 Desember 2022 - 16:03
Timnas Jepang Taklukkan Para Juara di Piala Dunia 2022 Qatar Pemain Jepang, Takuma Asano, Takumi Minamino dan Daizen Maeda selebrasi usai mengalahkan Jerman di laga pembuka fase Grup E Piala Dunia 20Getty (FOTO: Alex Livesey - Danehouse/Getty Images)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Timnas Jepang kini jadi buah bibir. Itu karena tim berjuluk 'Samurai Biru' tersebut berhasil menaklukkan Spanyol dan Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Dua negara Eropa tersebut awalnya dijagokan karena sudah pernah jadi juara dunia. Jerman sudah empat kali juara. Antara lain pada tahun 1954, 1974, 1990 dan terakhir 2014. 

Jerman pertama kali tampil di Piala Dunia pada edisi 1934. Mereka kembali tampil pada 1954 dengan nama Jerman Barat. Piala Dunia 1954, Jerman Barat sukses meraih gelar juara pertama.

Kesuksesan itu mereka berlanjut pada Piala Dunia 1974 dan 1990 dengan kembali jadi juara. Lalu setelah bertahun-tahun redup, Jerman kembali mencicipi gelar juara pada Piala Dunia 2014 lalu. Mereka menyamai rekor Italia dengan empat gelar bergengsi tersebut. 

Sedangkan Spanyol juara dunia tahun 2010. Tahun 2008 dan 2012, mereka juga Euro. Sehingga menjadi tim pertama dan satu-satunya yang telah memenangkan tiga turnamen internasional besar dari FIFA berturut-turut.

Berhasil Juara Grup

Jepang berhasil ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Spanyol di laga terakhir Grup E. Jepang lolos sebagai juara grup, sedangkan Spanyol runner-up.

Bermain di Klalifa Internasional Stadium, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, Spanyol unggul lebih dulu di menit ke-11. Alvaro Morata membuka keunggulan lewat sundulan usai memanfaatkan umpan dari Cesar Azpilicueta. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Lalu di babak kedua, Jepang bangkit. Ritsu Doan mencetak gol di menit ke-48 usai tembakan jarak jauhnya gagal ditepis sempurna oleh kiper Spanyol, Unai Simon.

Tiga menit berselang, Jepang memberikan kejutan. Itu setelah mereka berbalik unggul. Ao Tanaka menjebol gawang Spanyol lewat sebuah sontekan usai menerima umpan Kaoru Mitoma. Gol tersebut kontroversi karena posisi bola seperti sudah ke luar lapangan sebelum ditendang Mitoma.

Permalukan Jerman

Pada Rabu (23/11/2022) sebelumnya, Jepang juga membuat kejutan dengan mempermalukan Jerman 2-1 dalam laga Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Khalifa Internasional, Doha.

Meski tanpa pemain andalannya seperti Takumi Minamino dan Takehiro Tomiyasu, Jepang bermain dengan percaya diri dan menekan meski penguasaan bola tertinggal dari Jerman.

Bahkan, Jepang sempat mencetak gol ke gawang Jerman di menit ke-8 setelah Daizen Maeda sukses meneruskan umpan silang dari Junya Ito. Tapi gol itu dibatalkan karena alasan offside.

Meski sempat kesulitan, Jerman akhirnya memecah kebuntuan pada ke-33. Itu setelah penalti didapat Jerman setelah David Raum dilanggar di kotak terlarang.

Gundogan yang maju sebagai eksekutor mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia mengecoh Gonda dan Jerman pun unggul 1-0 hingga babak pertama selesai.

Lalu pada babak kedua, Jerman sebenarnya mendapatkan peluang emas memperbesar keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-61. Itu terjadi saat Gundogan melepas tembakan ke pojok kiri gawang. Namun masih mengenai tiang gawang Jepang.

Lalu, Jepang akhirnya menyamakan kedudukan jadi 1-1 menit ke 75. Sontekan Ritsu Doan memanfaatkan tepisan Neuer di muka gawang menggetarkan gawang Der Panzer.

Jepang justru berbalik unggul pada menit ke 85. Itu setelah umpan terukur bek tengah Ko Itakura membuat Takuma Asano lolos dari jebakan offside dan dengan tenang melepaskan tendangan ke gawang Neuar dari sudut sempit dan skor 2-1 untuk Jepang hingga pertandingan selesai. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.