Olahraga

Hat-trick Ramos Bawa Portugal ke Perempat Final

Rabu, 07 Desember 2022 - 08:53
Hat-trick Ramos Bawa Portugal ke Perempat Final Goncalo Ramos, mencetak mencetak hat-trick di fase knock out Piala Dunia 2022 untuk membantu Portugal kemenangan 6-1 atas Swiss. (foto: FIFA)

TIMES JOGJA, JAKARTAGoncalo Ramos mencetak cetak tiga gol di debut starter internasionalnya untuk membantu Portugal menang 6-1 atas Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (7/12/2022). 

Kemenangan di Stadion Lusail ini membawa Portugal lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022 untuk menghadapi kuda hitam Afrika, Maroko yang secara mengejutkan menyingkirkan Spanyol.

Goncalo Ramos mencetak gol di menir ke-17, 51, dan 67. Sedangkan tiga gol Portugal lainnya dicetak oleh Pepe (menit 33), Raphael Guerreiro (55), Rafael Leao (90+2). Sedangkan satu-satunya gol Swiss dcetak Akanji menit ke-58.

Goncalo Ramos sejatinya pemain yang relatif tidak dikenal di luar negara asalnya. Namun, ketika pemain berusia 21 tahun itu ditunjuk untuk mengantikan Cristiano Ronaldo di lini depan Portugal, ia menulis namanya dalam sejarah Piala Dunia.

Dalam pertandingan ini, pelatih Fernando Santos membuat keputusan ekstrim dengan mencadangkan sang kapten, Cristiano Ronaldo, dan memilih Ramos.

Timnas-Portugal.jpgPemain Portugal merayakan kemenangan 6-1 atas Swis dan berhak melaju ke perempat final 2022. (Foto: FIFA)

Ramos yang bemain di Benfica membuktikan kemampuannya. Ia memulai pesta gol Portugal di 17 menit. Joao Felix yang maju ke dalam kotak mampu melepaskan umpan kepada Ramos, yang dengan bebas mengelabui Fabian Schar untuk menundukkan kiper Yann Sommer. 

Setelah itu, Portugal sepertinya tak terbendung dengan Pepe yang berusia 39 tahun berlari ke kotak penalti untuk melakukan sundulan melewati Sommer dan menjadi pencetak gol Piala Dunia tertua kedua (39 tahun, 283 hari) setelah Roger Milla (42 tahun, 39 hari) dari Kamerun di Piala Dunia 1994.

Memasuki babak kedua, Ramos kembali mencetak gol keduanya di menit ke-52 sebelum mengirim asist dari sisi kanan untuk membuat Raphael Guerreiro mencetak gol di menit ke-55.

Swiss sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-58 melalui Akanji. Portugal akhirnya menutup pesta mereka melalui bek kiri Rafael Leao melalui penyelesaian akhir yang meyakinkan di masa injury time.

Di perempat final Piala Dunia 2022, Portugal akan bertemu Maroko pada 10 Desember mendatang. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.