https://jogja.times.co.id/
Olahraga

Kontingen Bantul Optimis Pertahankan Gelar Juara Umun Popda DIY 2023

Senin, 13 Maret 2023 - 20:09
Kontingen Bantul Optimis Pertahankan Gelar Juara Umun Popda DIY 2023 Bupati Bantul memakaikan jaket kepada perwakilan atlet. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, BANTUL – Kontingen Kabupaten Bantul optimistis dapat meraih gelar juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY tahun 2022. Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Bantul Isdarmoko, disela - sela pelepasan kontingen Popda DIY 2023, Senin (13/3/2023) di Pendopo Parasamya.

Gelar juara umum Popda DIY diraih kontingen kabupaten Bantul sejak 2014. Hingga pelaksanaan Popda DIY tahun 2022, gelar juara umum dapat dipertahankan untuk ke-7 kalinya.

pada tahun 2019 dan 2020 tidak digelar Popda karena pandemi Covid -19. Pada Popda DIY 2022, kontingen kabupaten Bantul berhasil meraih 222 medali. Terdiri dari 92 emas, 62 perak dan 68 perunggu.

Pada Popda DIY tahun 2023, kontingen kabupaten Bantul mengirimkan 486 atlet dan official. Mereka akan turun di 29 cabang olahraga. Sebagian besar merupakan cabang olahraga unggulan. Atlet - atlet hasil seleksi Popda Bantul yang digelar 8 - 15 Februari lalu.

Popda DIY tahun 2023 akan digelar 14 - 18 Maret 2023 di beberapa venue di kabupaten/kota di DIY. Untuk memberikan semangat kepada atlet dan official, Pemkab Bantul sudan menyiapkan bonus yang akan dianggarkan pada perubahan APBD Bantul 2023. Nilainya diperkirakan mencapai Rp850 Juta. 

"Bonus sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras atlet dan official," tegas Isdarmoko. 

Atlet - atlet yang masih berusia muda ini, diharapkan tidak hanya berprestasi pada Popda DIY. Namun juga dapat mengukir prestasi pada ajang olahraga yang lebih tinggi. Seperti Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) hingga Pekan Olahraga Nasional (PON), bahkan Sea Games, Asean Games hingga Olimpiade.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menilai, mempertahankan gelar juara umum hingga 7 kali berturut - turut merupakan prestasi yang luar biasa. Sehingga menjadi tugas berat untuk mempertahankannya. Untuk itu Bupati berpesan kepada seluruh atlet dan official agar mempersiapkan fisik dan mental agar dapat mengalahkan atlet dari daerah lain di DIY. 

Halim juga berpesan kepada semua atlet dan official agar menjaga jiwa sportifitas, kesetiakawanan dan kejujuran. Sebagai landasan dalam meraih prestasi di Popda DIY. Sehingga prestasi yang diraih tidak dinodai dengan aksi - aksi yang kurang terpuji. (*)

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.