https://jogja.times.co.id/
Olahraga

Gubernur Jatim Khofifah Optimistis Porprov Jatim 2022 Jadi Ajang Pembibitan Atlet Muda

Minggu, 26 Juni 2022 - 13:03
Gubernur Jatim Khofifah Optimistis Porprov Jatim 2022 Jadi Ajang Pembibitan Atlet Muda Kedatangan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Jember, Hendy Siswanto di Stadion Jember Sport Garden (JGS). (FOTO: Kominfo Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, JEMBER – Gelaran Pekan Olahraga Provinsi VII Jatim 2022 (Porprov Jatim 2022) yang berlangsung di Jember, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang resmi dibuka oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pembukaan berlangsung di Jember Sport Garden (JSG), Sabtu, (25/6/2022) malam.

Digelar secara meriah dengan antusiasme masyarakat yang memadati stadion, Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan bahwa kegiatan Porprov yang digelar di Jember ini merupakan salah satu upaya mendukung Gubernur untuk meningkatkan Jawa Timur. 

"Setelah melewati Covid dua tahun lalu, kesempatan ini bisa disaksikan lebih dari 15 ribu penonton. Luar biasa," ungkap Bupati. 

Stadion-Jember-Sport-Garden.jpgPenampilan tari daerah yang diikuti 1.500 penari (FOTO: Kominfo Jember for TIMES Indonesia) 

Tak lupa, ia juga mengucapkan terimakasih kepada para Bupati/Wali Kota se-Jatim yang telah menitipkan putra putri terbaiknya untuk berlaga di Kabupaten Jember.

"Kami siap melayani dan apabila yang kami siapkan banyak kekurangannya kami mohon maaf," ucapnya. 

Lebih lanjut, untuk kedepannya, Bupati Jember menyatakan sikap siap untuk menerima kompetisi apapun yang bertaraf Nasional maupun Internasional.

"Kami siap menerima kompetesi yang bertaraf Nasional maupun Internasional," tutup Bupati Hendy. 

Stadion-Jember-Sport-Garden-2.jpg

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasinya atas dukungan berbagai pihak. Terutama kepala daerah dan masyarakat dari empat daerah yang kebagian menjadi tuan rumah yang sudah menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan yang ada.

Ajang Porprov ini, menurutnya, merupakan agenda penting dalam rangka mencetak atlet berprestasi baik secara nasional maupun dunia. "Saya optimis, Porprov akan menjadi ajang pembibitan atlet muda Jatim yang hebat di masing-masing 47 Cabang Olahraga (cabor)," tutur Khofifah. 

Tak hanya itu, kegiatan Porprov ini berkontribusi membangun suasana sportivitas di antara para atlet, selain itu, Porprov ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat yang terdampak pandemi Covid-19 selama dua tahun lalu. 

Ketua KONI Jatim, M Nabil juga menyampaikan, kegiatan Porprov VII Jatim 2022 yang digelar selama sembilan hari kedepan diikuti peserta sebanyak 10.151 atlet, 823 official tim dan 3.512 official cabang olahraga, sehingga total yang hadir adalah 14.486 peserta.

"Untuk total keseluruhan berjumlah hampir 15 ribu atau mencapai 14.486. Ini menjadi rekor di Indonesia lebih besar dari PON yang digelar di Papua. Jatim memang luar biasa," ungkap Nabil.

Porprov VII Jatim 2022 ini, lanjutnya, mengusung tema "Dari Jawa Timur Untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia". Nabil berharap, dari ajang Porprov akan muncul bibit baru yang memiliki prestasi internasional.

"Tema yang kita tekankan dari Jatim untuk Indonesia menuju prestasi dunia. Terbukti atlet kita yang ikut Porprov kali ini dari Pacitan meraih gelar juara dunia angkat besi. Pelan tapi pasti kita mengarah ke juara nasional sampai dunia. Kita bertekad menjadikan olahraga bangkit, ekonomi bangkit dan SDM yang kuat serta semangat yang optimis," pungkasnya. 

Acara pembukaan Porprov Jatim 2022 ini dimeriahkan dengan berbagai macam hiburan, antara lain penampilan drumband SMA Taruna Brawijaya, senam PERWOSI dan penampilan tari daerah yang diikuti 1.500 penari dengan menampilkan 10 macam tarian di Indonesia. Sebanyak 1.500 orang ibu-ibu juga akan melakukan flash mob bersama di lapangan JSG, sekaligus membuat konfigurasi "Optimis Jatim Bangkit".

Selain itu juga seni dari Watu Ulo, Linkrafin, dan band lokal Jember, serta beberapa artis tanah air seperti Ragilda Idol yang menyanyikan lagu jingle Porprov Jatim ciptaan Gubernur Jatim Khofifah berjudul 'laga'. Gelaran opening Porprov Jatim 2022 ini kemudian ditutup dengan penampilan grup band pop tanah air, Kotak, dengan membawakan 10 lagu. (*) 

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.