Gaya Hidup

Ayam Taliwang, Makanan Khas dari Nusa Tenggara Barat

Jumat, 21 Januari 2022 - 02:27
Ayam Taliwang, Makanan Khas dari Nusa Tenggara Barat Ayam Taliwang disajikan lengkap dengan lalapan dan sambal . (Foto: Sibuk Liburan)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Nusa Tenggara Barat memilliki makanan khas yang cukup terkenal. Makanan ini akan memmbuat lidah anda bergoyang dan mangangsurkan piring untuk nambah dan nambah lagi. Makanan ini dikenal dengan nama Ayam Taliwang.

Proses pembutan ayam taliwang cukup unik. Ayam ini memerlukan dua kali proses pemasakan dan sedikit menguras waktu. Namun hasil akhir tak akan pernah menghianati usaha. Rasa ayam ini sungguh akan membuat andaterlena.

Ayam Taliwang biasanya dibuat dengan bahan ayam kampung. Ayam kampung yang sudah dibersihkan kemudian akan dibakar setengah matang. Setelah itu, ayam akan dicelup ke dalam minyak masak panas.

Setelah dicelup ke minyak panas, ayam akan dilumuri dengan beberapa bumbu yang sudah dicampur. Bumbu-bumbu tersebut seperti layaknya anda membuat bumbu sambal trasi, ada tomat, bawang merah, bawang putih, cabe, terasi, gula jawa, dan garam.

Sebelum dilumuri dengan bumbu, ayam akan digeprek agar empuk. Kemudian setelah dilumuri bumbu ayam akan dimasak ulang, bisa dibakar Kembali, bisa juga di goreng tergantung pesanan pembeli.

Ayam Taliwang biasanya disajikan Bersama nasi dan lalapan seperti tomat dan mentimun. Sambal bajak khas taliwang juga akan menjadi pelengkap tersendiri untuk menghidangkan makanan khas Nusa Tenggar Barat ini.

Konon kabarnya, Ayam Taliwang awalnya menjadi makanan prajurit Taliwang saat bertempur. Bumbu racikan seadanya dan acar masak sederhana memang merupakan ciri khas cara masak prajurit. Masakan ini kemudian dipopulerkan oleh Presiden Soekarno saat pertama kali berkunjung ke Taliwang, Nusa Tenggara Barat pada tahun 1960. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.