Hukum dan Kriminal

Mengenal Juliari Batubara, Eks Menteri Sosial Lulusan AS yang Korupsi Bansos

Senin, 23 Agustus 2021 - 08:19
Mengenal Juliari Batubara, Eks Menteri Sosial Lulusan AS yang Korupsi Bansos Juliari Batubara. (FOTO: Liputan6.com/Angga Yuniar)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Eks Menteri Sosial Juliari Batubara akan menjalani sidang putusan atau vonis, Senin (23/8/2021) hari ini. Hal itu setelah ia menjadi terdakwa tindak pidana korupsi bansos Covid-19

JPU KPK RI menuntut eks politisi PDI Perjuangan itu dengan hukuman 11 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan, mengembalikan uang sejumlah Rp14,5 miliar serta meminta majelis hakim mencabut hak politik selama 4 tahun.

Sosok Juliari Batubara

Laki-laki bernama lengkap Juliari Peter Batubara itu lahir di Jakarta, 22 Juli 1972. Artinya kini ia sudah umur 49 tahun. Diketahui, ia menjadi Mensos RI di Kabinet Indonesia Maju sejak 23 Oktober 2019. Lalu terjerat kasus korupsi dana bansos Covid-19 pada 6 Desember 2020.

Sebelumnya Juliari pernah menjabat sebagai anggota DPR dari PDIP dalam dua periode masa jabatan untuk daerah pemilihan Jawa Tengah I, dimana ia berada dalam Komisi VI yang menangani Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan BUMN, serta Standardisasi Nasional.

Pendidikan

Ia pernah menempuh pendidikan di SD St Franciscus ASISI Tebet Jakarta, 1979 – 1985. Selanjutnya d SMP St Franciscus ASISI Tebet Jakarta, 1985-1988.

Setelah tamat, ia melanjutkan di SMAN 8 Tebet Jakarta, 1988-1991. Lalu melanjutkan di Riverside City College, AS, 1991-1995 setelah itu melanjutkan di Bussiness Administration degree with minor in Finance, Chapman University, AS, 1995 - 1997.

Karir Juliari Batubara

Ia adalah politikus PDI Perjuangan. Ia menjabat sebagai anggota DPR dalam dua periode masa jabatan untuk daerah pemilihan Jawa Tengah I, dimana ia berada dalam Komisi VI yang menangani Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan BUMN, serta Standardisasi Nasional.

Juliari juga menjadi Wakil Bendahara Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024.

Juliari pernah menempuh pendidikan di Riverside City College dan Chapman University di AS. Sebelum masuk dunia politik, Juliari sempat menjadi petinggi beberapa perusahaan, yakni PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Arlinto Perkasa Buana, PT Bwana Energy, dan PT Tridaya Mandiri.

Ia juga sempat menjadi Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia atau Aspelindo tahun 2007-2014. Selain itu, Juliari Batubara juga pernah menjadi Wakil Ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM Kadin pada 2009-2010. Juliari Batubara dipilih Presiden RI Jokowi menjadi Menteri Sosialdalam Kabinet Indonesia Maju. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.