Gaya Hidup

Awas, FBI Anggap FaceApp Menyimpan Risiko Berbahaya

Sabtu, 07 Desember 2019 - 16:50
Awas, FBI Anggap FaceApp Menyimpan Risiko Berbahaya FaceApp dianggap punya potensi risiko keamanan

TIMES JOGJA, AS – Biro Investigasi Federal AS, atau lebih dikenal dengan FBI, mengingatkan para pengguna FaceApp akan bahaya di balik aplikasi pengubah wajah tersebut.

Menggunakan teknologi Artificial Intelligence atau AI, aplikasi yang sempat viral di media sosial berkat tagar #AgeChallenge itu bisa mengubah wajah pengguna menjadi lebih muda atau lebih tua.

Namun FBI meyakini aplikasi ini memiliki risiko keamanan data. Karena berasal dari Rusia, FaceApp dikhawatirkan bisa meneruskan data pengguna ke pemerintah negara tersebut. 

"FBI menganggap aplikasi mobile atau produk sejenis yang dikembangkan di Rusia, seperti FaceApp, sebagai ancaman intelijen potensial. Berdasarkan data yang diambil, ketentuan privasi dan penggunaan, serta mekanisme hukum yang berlaku terhadap pemerintah Rusia untuk mengakses data di dalam wilayahnya," bunyi pernyataan FBI.

FBI bahkan menyoroti biro intelijen Rusia, Federal Security Service (FSB) yang dicurigai mampu mengakses semua jaringan telekomunikasi dan server di Rusia tanpa perlu memberitahu pihak penyedia layanan internet (ISP).

Sebelumnya, pimpinan Senat AS Chuck Schumer menyatakan kekhawatirannya terhadap keamanan FaceApp. Juli lalu, Schumer meminta FBI menyelidiki risiko sekuriti dari aplikasi tersebut. "Saya sangat menyarankan warga Amerika agar segera menghapus aplikasi FaceApp," kata Schumer.

FaceApp sendiri sudah menyatakan bahwa data pengguna disimpan pada server di AS, Singapura, Irlandia dan Australia. Mereka juga turut menegaskan bahwa foto-foto pengguna dihapus secara otomatis dari server  setelah 48 jam. Namun, itu tak berarti FBI dan pemerintah AS percaya begitu saja. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.