Gaya Hidup

Tips Jaga Kesehatan di Masa Pancaroba ala Dosen Unusa

Rabu, 21 Juli 2021 - 04:14
Tips Jaga Kesehatan di Masa Pancaroba ala Dosen Unusa Senam merupakan olahraga yang dapat dilakukan di rumah dan memberikan manfaat lebih untuk tubuh (Foto: Pinterest)

TIMES JOGJA, SURABAYA – Kondisi pancaroba yang tidak menentu membuat orang mudah sakit. Bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar? Dosen Unusa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Mursyidul Ibad, S.KM., M.Kes, memberikan tips agar kita bisa menjaga kesehatan tubuh saat musim pancaroba.

Ibad memiliki enam tips untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah musim pancaroba. Pertama, tetap menggunakan masker dobel hingga menerapakan protokol kesehatan ketat.

“Karena di tengah pandemi Covid-19, jadi protokol kesehatan ini tetap dilakukan,” ungkapnya, Selasa (20/7).

menu sehat

Langkah kedua, mengonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi asupan gizi minimal yang dibutuhkan oleh tubuh. “Mengkonsumsi makanan bergizi harapannya adalah dapat menjaga imun tubuh agar lebih kuat,” tambah Ibad.

Ketiga, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan minimal 30 menit sehari. “Senam bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke luar, sehingga kondisi tubuh bisa lebih terjaga kesehatannya,” terangnya.

Keempat, membersihkan lingkungan sekitar agar tidak ada genangan air yang bisa dijadikan sarang nyamuk demam berdarah.

Selain itu, membersihkan barang yang sering dipegang dengan disinfektan. “Dengan lingkungan bersih bisa terhindar dari beberapa penyakit lainnya,” jelas Ibad.

Langkah kelima, hindari melihat atau membaca informasi yang bisa menyebabkan mental menjadi stres atau depresi, lebih baik perbanyak untuk menonton hiburan agar imun juga semakin meningkat.

Keenam, proteksi diri, jangan lupa asuransikan kesehatan diri kita seperti ikut BPJS Kesehatan atau ikut asuransi swasta lainnya.

“Ini salah satu cara terakhir untuk menjaga kesehatan tubuh kita, sehingga jika mengalami sakit sudah ada yang mengcover kesehatan tubuh kita,” kata Dosen Unusa ini menjelaskan tips terakhirnya. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.