Gaya Hidup

Ternyata Manfaatnya Sangat Banyak, Jangan Buang Lagi Cangkang Telur

Rabu, 22 September 2021 - 15:33
Ternyata Manfaatnya Sangat Banyak, Jangan Buang Lagi Cangkang Telur Kulit telur memiliki kalsium yang tinggi (FOTO: Pinterest)

TIMES JOGJA, SURABAYA – Mulai sekarang cangkang telur jangan di buang. Cangkang telur ternyata punya banyak manfaat dan banyak kegunaannya. Bahan ini mempunyai kandungan kalsium yang tinggi.

Cangkang telur tersusun kira-kira 94 persen kalsium karbonat, 1 persen magnesium karbonat, 1 persen kalsium fosfat, dan 4 persen bahan organik terutama protein. Selain itu, rerata dari cangkang telur mengandung 3 persen fosfor dan 3 persen terdiri atas magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi dan tembaga.

Cangkang Telur 2

Banyak sebagian orang yang belum mengetahui manfaat dari cangkang telur. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari cangkang telur.

1. Mengusir serangga dan hama

Untuk mengusir serangga, hanya perlu menghancurkan cangkang lalu tabur kan ke berbagai sudut rumah. Hal ini di yakini mampu untuk membunuh serangga dan memperlambat pertumbuhan hama.

2. Memperlancar wastafle yang tersumbat

Cukup taburkan cangkang telur yang sudah dihancurkan ke dalam saluran wastafle yang tersumbat. Untuk hal ini pastikan cangkang telur dihancurkan dengan sangat halus. Lalu biarkan dalam 24 jam, sehingga kotoran dapat terhisap masuk dengan cangkang telur tersebut.

3. Pupuk Tanaman

Pupuk telur diyakini dapat membantu pertumbuhan akar, membertebal dinding sel dan mempercepat pertumbuhan biji.

Ternyata, cangkang kulit telur juga sangat baik untuk pengomposan. Pupuk kompos pun mampu meningkatkan komposisi unsur hara, mineral atau nutrisi lain dari dalam tanah. Unsur-unsur inilah yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan.

Selain itu, cangkang kulit telur juga bisa menambahkan dosis kalsium yang baik untuk tanaman.

4. Menghilangkan noda membandel di alat masak

Kulit telur ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan panci dan juga wajan yang hitam. Caranya sangat mudah, blender kulit telur hingga menjadi serpihan kecil. Setelah itu campur dengan sabun cuci piring dan gunakan untuk menggosok bagian bawah panci atau wajan yang menghitam. Kulit telur ini akan membantu menghaluskan permukaan wajan dan panci yang susah dibersihkan.

5. Masker wajah

Manfaat cangkang telur yang pertama, yaitu untuk masker wajah. Meski terdengar asing dan ‘aneh’, namun masker wajah dari cangkang telur yang satu ini efektif membuat wajah lebih cerah.

Cuci bersih  cangkang telur, lalu oven dan haluskan dengan blender. Setelah halus campur serbuk cangkang telur yang sudah halus dengan madu.

Setelah itu, campur bubuk masker wajah tersebut dengan putih telur, lalu aduk hingga rata. Kemudian, oleskan masker wajah tersebut secara perlahan dan merata ke seluruh permukaan kulit, dan diamkan beberapa menit hingga mengering.

Setelah kering, bilas wajah dengan air mengalir hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan masker cangkang telur tersebut secara rutin, setidaknya dua kali seminggu. Selamat mencoba. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.