https://jogja.times.co.id/
Gaya Hidup

Amalan Utama di Awal Bulan Zulhijah, Momen Bertaubat dari Maksiat

Kamis, 30 Juni 2022 - 12:35
Amalan Utama di Awal Bulan Zulhijah, Momen Bertaubat dari Maksiat Berhaji, amalan di bulan Zulhijah (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Pemerintah RI telah menetapkan awal bulan Zulhijah jatuh pada Jumat (1/7/2022). Bulan Zulhijah sendiri salah satu bulan istimewa bagi umat Islam.

Pada 10 Zulhijah dirayakan hari raya Idul Adha. Hari raya ini disebut juga lebaran kurban atau lebaran haji. Karena pelaksanaan ibadah haji dilaksanakan setiap bulan Zulhijah. 

Ada keutamaan melaksanakan amalan di sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. 

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.“

Sebagai umat muslim tentunya tak ingin menyia-nyiakan berbagai amalan di awal Zulhijah. Apa saja ya? 

1. Puasa

Disunnahkan untuk melaksanakan puasa di awal Zulhijah. Disarankan dari tanggal 1-9 Zulhijah. 

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.

2. Takbir dan Zikir

Memperbanyak takbir dan zikir. Hal ini dapat dilakukan kapan saja, baik sebelum atau sesudah salat, maupun disaat senggang lainnya. 

3. Menunaikan haji dan umrah

Ibadah paling afdol di bulan Zulhijah adalah melaksanakan rukun silam ke lima yaitu haji. 

4. Beramal sholih

Di awal bulan Zulhijah dianjurkan banyak melakukan amalan sholih. Seperti mengaji, salat sunnah, dan bersedekah.  

5. Berkurban

Berkurban dapat dilakukan di hari Nahr (10 zulhijah) dan hari tasyrik. Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Ibrahim AS. 

6. Bertaubat

Awal Zulhijah dapat digunakan umat Islam untuk bertaubat, memohon ampun pada Allah SWT. Bertaubat dapat dilakukan dengan melaksanakan salat taubat, menyesali perbuatan dosa dan berjanji tidak mengulangi. 

Amalan di awal bulan Zulhijah sayang bila dilewatkan begitu saja. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.