Gaya Hidup

7 Buah Segar Ini Bisa Bantu Merawat Kulit Lho, Apa Saja?

Minggu, 08 Desember 2019 - 07:36
7 Buah Segar Ini Bisa Bantu Merawat Kulit Lho, Apa Saja? ILUSTRASI - Mengonsumsi Buah Segar. (FOTO: inat.com)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Melakukan perawatan kulit wajah sudah menjadi bagian rutinitas sehari-hari. Merawat kulit wajah tak cukup hanya dilakukan dari luar, tetapi juga perlu dilakukan dari dalam. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah segar yang bagus untuk kulit.

Berikut ini berbagai macam buah yang memiliki manfaat untuk merawat kulit wajah, dilansir dari Her World.

1. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Vitamin C yang terkandung di dalam pepaya dikenal ampuh membantu mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari serta mampu menyamarkan noda hitam.

Enzim papain yang terkandung di dalam buah pepaya dapat membantu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori.

2. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu menjaga kelembaban kulit. Buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, untuk mencegah kulit dari bahaya paparan polusi.

Kandungan vitamin E dan vitamin C bermanfaat untuk menggantikan sel kulit mati dan membentuk kolagen alami. Sedangkan minyak alpukat (avocado oil) dikenal dapat membantu meringankan penyakit kulit seperti, eksim dan psoriasis. 

3. Kiwi

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah kiwi dapat membantu kulit untuk memproduksi kolagen lebih banyak, sehingga mampu menjaga elastisitas kulit. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, buah ini dapat memberikan kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi kusam. 

Sifat anti-inflamasi yang cukup tinggi juga menjadikan buah ini bagus dalam mengatasi dan mencegah kulit kamu dari jerawat. Kandungan asam amino (amino acid) dan vitamin C yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Selain itu, buah kiwi juga dapat memberikan efek menenangkan pada area kulit kemerahan atau sunburn. Tidak hanya itu saja buah kiwi juga mengandung omega-3 yang dipercaya ampuh dalam melindungi kulit dari berbagai penyakit, termasuk kanker.

4. Anggur

Buah lain yang juga bagus untuk kulit wajah yaitu anggur. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini mampu melindungi sel kulit dari kerusakan. Selain itu, kandungan fitonutrien dipercaya dapat melindungi kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet. 

5. Delima

Kandungan asam ellagic oada buah delima dapat mempertahankan kadar kelembaban alami pada kulit. Buah delima merupakan buah yang kaya akan vitamin C, sehingga mampu mengontrol sebum di wajah penyebab munculnya jerawat.

Antioksidan pada buah ini dapat melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, sifat anti penuaannya juga mampu mencegah penuaan dini.

6. Pisang

Buah ini mengandung asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan zinc dapat melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium mampu menghidrasi kulit wajah. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan banyak vitamin C yang bermanfaat dalam pembentukan sel-sel kulit dan produksi kolagen. 

7. Nanas

Buah nanas juga merupakan salah satu buah yang bagus untuk kulit wajah, karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi sangat diperlukan kulit untuk memproduksi kolagen dan menjaga kesehatan sel kulit.

Sementara itu, beta karoten yang terkandung dalam buah ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi dan paparan sinar ultraviolet.

Itulah tujuh pilihan buah segar yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah. Selain mengonsumsi buah di atas, Anda bisa merawat kulit dengan produk kecantikan yang tepat. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.