Flash News

Gandeng RSI PWNU DIY Gelar Survei Kinerja Kelembagaan

Jumat, 14 Januari 2022 - 14:31
Gandeng RSI PWNU DIY Gelar Survei Kinerja Kelembagaan Penyerahan hasil survey oleh Direktur RSI kepada Sekertaris PWNU DIY. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA – Pembentukan instrumen evaluasi kelembagaan internal. Menjadi salah satu rekomendasi Rumah Survey Indoenesia (RSI) kepada Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) DIY.  Selain penyusunan program kerja secara periodik dan berkala. Rekomendasi ini diberikan berdasarkan hasil survey kelembagaan terkait tata kelola organsiasi PWNU DIY

Berdasarkan hasil survey 52,4 responden menyatakan PWNU DIY sudah memiliki instrumen untuk melakukan evaluasi mandiri. Namun 4,9 persen responden menjawab tidak memiliki. Serta 42,9 persen responden menjawab tidak tahu.

Terkait penyusunan program kerja secara periodik dan berkala. Meski 66,7 persen menjawab program kerja sudah disusun dalam periode jangka pendek, menengah dan panjang. Namun 2,4 persen responden menjawab sebaliknya. Serta 31persen responden menjawab tidak tahu. 

PWNU DIY bPemaparan hasil survey kepada pengurus PWNU DIY. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

Hasil survey RSI juga memberikan apresiasi kepada pengurus PWNU DIY periode 2016 - 2021. Menyusul 85,7 persen responden yang menyatakan program kerja sudah mengacu kepada hasil rapat kerja. Terdapatnya evaluasi pada setiap kegiatan PWNU DIY yang disampaikan oleh 76,2 responden. Serta terdapatnya 90,5 persen responden yang menyatakan, adanya raker dan dengar pendapat secara terstruktur. Antara PWNU DIY dengan Lembaga, Badan Otonom dan PCNU. 

"Hasil survey diharapkan dapat menjadi dasar bagi PWNU DIY untuk berinovasi. Sehingga dapat menjadi role model bagi PWNU lain di Indonesia, Mengingat posisi PWNU DIY yang istimewa, bersanding dengan kekuatan besar lain Muhammadiyah dan Kraton. Dalam konteks ormas yang inklusif dan toleran"jelas Direktur RSI Arin Mamlakah Kalamika usai menyerahkan hasil survey kepada pengurus PWNU DIY Jum'at (14/1/2022) di kantor setempat. 

Lebih lanjut Arin menjelaskan, survey digelar selama 2 bulan. Menggunakan pendekatan evaluatif dengan jenis explanatori. Dengan responden pengurus lembaga, badan otonom dan PCNU. Sampling diambil dengan teknik purposive sampling. Menggunakan 5 variabel untuk melakukan pengukuran. Meliputi aspek Akuntabilitas, Fairnes, Responbilitas, Independensi dan Transparansi. 

Sekertaris PWNU DIY KH Muhtar Salim memberikan apresiasi atas survey yang dilakukan RSI. Hasil survey ini akan disampaikan pada pelaksanaan Konferensi Wilayah XV di Pondok Pesantren Al- Furqon Murtigading Sanden Bantul Sabtu 15 Januari 2022. Sehingga dapat menjadi masukan bagi pengurus PWNU DIY periode berikutnya. 

Pelaksanaan survei ini sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus PWNU DIY periode 2016 - 2021. Khususnya kepada seluruh pengurus hingga ke tingkat pimpinan anak ranting di DIY. Serta kepada seluruh warga NU di DIY. Pelaksanaan survey muncul dari inisiatif PWNU DIY. Diharapkan survey ini akan dilanjutkan oleh pengurus PWNU DIY periode selanjutnya.(*)

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.