Ekonomi

Kemendag Lepas Ekspor Perdana Komoditas Pinang ke Arab Saudi

Sabtu, 25 September 2021 - 19:14
Kemendag Lepas Ekspor Perdana Komoditas Pinang ke Arab Saudi Ilustrasi biji pinang. (Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) bersama Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah dan Pemerintah Provinsi Jambi memfasilitasi pelepasan ekspor perdana komoditas pinang oleh PT Best Star Indonesia ke Arab Saudi di Jambi pada Jum’at (24/09/2021) kemarin. Jumlah pinang yang diekspor sebanyak 18 ton dengan total nilai mencapai USD 1,5 juta.

Hadir secara langsung pada acara tersebut Gubernur Jambi Al Haris dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Agus Sunaryo. Sementara itu, Direktur Jenderal PEN, Didi Sumedi, Konsul Jenderal RI (KJRI) Jeddah Eko Hartono, ITPC Jeddah Muhammad Rivai Abbas, perwakilan PT Best Star Indonesia selaku eksportir, dan perwakilan Mohammed Fayez Abdul Hadi Mohammad Al Attar Trading Est selaku importer hadir secara virtual.

“Kami mengapresiasi sinergi KJRI Jeddah, ITPC Jeddah, Pemerintah Provinsi Jambi, dan PT Best Star Indonesia yang telah bekerja sama menyelenggarakan pelepasan produk ekspor perdana komoditas pinang ke Jeddah. Kami berharap program pelepasan ekspor akan menjadi program berkelanjutan, tidak hanya ke Arab Saudi, tetapi juga ke negara tujuan ekspor lainnya,” kata Direktur Jenderal PEN, Didi Sumedi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/09/2021).

Kemendag Didi SumediDirjen PEN Kemendag Didi Sumedi. (Foto: Dok. Dirjen PEN Kemendag)

Didi mengatakan, pinang merupakan salah satu komoditas ekspor dengan tren pertumbuhan yang positif, khususnya dalam tiga tahun terakhir. Pada 2018, total ekspor pinang ke negara-negara dunia tercatat sebesar USD 4,2 juta dan meningkat menjadi USD 11 juta pada 2020.

“Ini adalah pekerjaan rumah bersama untuk dapat meningkatkan promosi produk pinang, khususnya di pasar Arab Saudi,” ujar Didi.

Didi juga mendorong produk Jambi selain pinang untuk bisa merambah pasar ekspor. “Produk Jambi lain, seperti kopi Jangkat yang sudah memiliki indikasi geografis (IG) juga bisa diupayakan merambah pasar ekspor. Saat ini, Ditjen PEN bersama ARISE Plus bekerja sama mempromosikan dan meningkatkan pengetahuan serta kesadaran atas IG. Sebab, IG merupakan komponen penting dalam peningkatan ekspor melalui strategi pengembangan branding,” tandas Dirjen PEN Kemendag Didi Sumedi. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.