Ekonomi

Jaksa Masuk Sekolah di Kabupaten Sleman Bahas Masalah Klitih

Kamis, 27 Januari 2022 - 21:06
Jaksa Masuk Sekolah di Kabupaten Sleman Bahas Masalah Klitih Jaksa Kejari Sleman ketika memberikan penyuluhan hukum di SMAN Pakem, Sleman. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTAKejari Sleman semakin aktif menggelar penyuluhan hukum ke sekolah. Program yang dinamai Jaksa Masuk Sekolah tersebut menyasar para pelajar di Kabupaten Sleman. Saat memberikan penyuluhan, jaksa pun menyinggung masalah klitih yang masih marak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Program Jaksa Masuk Sekolah merupakan program pemerintah dalam Nawa Cita berbunyi Melakukan revolusi karakter bangsa,” kata Kepala Kejari Sleman, Bambang Marsana kepada TIMES Indonesia, Kamis (27/1/2022).

Program ini merupakan wujud nyata partisipasi jaksa dalam mengimplementasikan revolusi karakter bangsa melalui lembaga Pendidikan. Hal ini merupakan Program Jaksa Agung RI yang tertuang dalam Surat Keputusan Nomor: 184/A/JA/11/2015 tanggal 18 Nopember 2015 tentang Kejaksaan RI mencanangkan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

“Ini merupakan upaya inovasi dan komitemen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar," imbuh Bambang.

Sebagai lembaga pemerintah, kejaksaan memiliki tanggungjawab secara moril untuk memajukan generasi muda. Hal itu agar mereka mengerti dan memahami tentang hukum dan permasalahannya. Sebab, yang dibahas tidak hanya masalah klitih tapi juga mengenai bahaya penyalagunaan narkoba.

“Dengan penyuluhan hukum tersebut maka generasi Indonesia akan mengetahui hukum,” jelas Bambang.

Kasubsi Ekonomi, Keuangan dan Pengamanan Pembangunan Strategis, Seksi Intelijen Ejari Sleman Terry Endro Arie Wibowo mengatakan, ada banyak hal yang dibahas ketika melakukan penyuluhan hukum di SMAN 1 Pakem, Sleman. Seperti hidup sehat tanpa narkoba di lingkungan Pendidikan, dampak teknologi informasi terhadap perilaku masyarakat, dan jenis kejahatan jalanan yang marak di Kabupaten Sleman.

“Kejahatan jalanan yang selama ini dikenal masyarakat sebagai klitih menjadi perhatian serius Kejari Sleman untuk disampaikan kepada para pelajar. Supaya mereka paham akan ancaman pidananya. Sehingga, mereka menghindari segala perbuatan yang mengarah dan berpotensi melanggar UU,” terang jaksa asal Tuban, Jawa Timur ini.

Dengan penyuluhan hukum melalui Program Jaksa Masuk Sekolah, para pelajar di Kabupaten Sleman dapat memahami berbagai perbuatan yang dapat dijerat oleh hukum termasuk perbuatan klitih. (*)

Pewarta : Fajar Rianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.