Ekonomi

Kunjungi Ponorogo, Sandiaga Uno Kagumi Produk UMKM Masyarakat Pedesaan

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:38
Kunjungi Ponorogo, Sandiaga Uno Kagumi Produk UMKM Masyarakat Pedesaan Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi produk UMKM di Desa Ketonggo Bungkal Ponorogo. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, PONOROGO – Dalam kunjungan kerjanya ke Ponorogo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno kagum dengan produk UMKM pedesaan yang ada di Ponorogo.

Seperti halnya saat mengunjungi sentra rengginang di Desa Ketonggo Kecamatan Bungkal Ponorogo, Kamis (30/6/2022).

"Hari ini saya sangat bahagia, tulang punggung perekonomian mulai bergeliat. UMKM khususnya di Desa Ketonggo ini sudah mulai produktif dan permintaan pasar sudah mulai banyak," ucapnya di depan awak media.

Sandiaga-Salahuddin-Uno-5.jpg

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga melakukan audensi dengan pelaku UMKM. Beberapa kendala disampaikan para pelaku UMKM kepada pak Menteri, seperti kendala alat produksi, biaya modal, infrastruktur, pasar dan persoalan digitalisasi.

"Kita sudah berdiskusi dengan pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati untuk berkomitmen memfasilitasi serta berusaha mengatasi kendala yang dialami pelaku usaha," sebut Sandiaga Salahuddin Uno.

Dengan kebangkitan para pelaku UMKM ini, Sandiaga Salahuddin Uno pun meyakini bisa menciptakan 1,1 juta lapangan kerja.

Sandiaga-Salahuddin-Uno-6.jpg

"Saya mengajak pak Bupati Sugiri Sancoko berdiskusi langkah-langkah yang akan ditempuh supaya UMKM bisa naik kelas. Sekaligus mendukung program Bapak Presiden Jokowi untuk melakukan gerakan Nasional bangga buatan Indonesia dimana memberikan kesempatan untuk UMKM masuk e-katalog, baik yang Nasional, lokal maupun sektoral yang berbasis ekonomi kreatif," tukas Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Sementara Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menginginkan kolaborasi dengan Kemenparekraf RI kedepan bisa konkrit dilaksanakan. "Sehingga pangsa pasar ini tidak hanya E-commerce saja, tetapi bagaimana kita bisa memutar produk lokal di Ponorogo," kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. (*) 

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.