Ekonomi

Sandiaga Uno Gandeng Mahasiswa Cetak Digital Talent

Rabu, 15 Juni 2022 - 18:48
Sandiaga Uno Gandeng Mahasiswa Cetak Digital Talent Menparekraf RI Sandiaga S Uno. (FOTO: Bisnis)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Kewirausahaan IX bertema 'Start up and Show Up Your Mind to be a Success enterpreneur' yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dalam sambutannya, Sandiaga menyampaikan pengguna Internet di Indonesia sudah mencapai 204 juta dengan 74 persen total populasi. Kemudian, potensi ekonomi digital di Indonesia 2025 diprediksi mencapai Rp1.700 triliun dan terus naik mencapai Rp4.531 triliun tahun 2030, 18 perseb dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

“Kita memiliki 2.319 produk, ada 1 decacorn, 14 Unicorn dan masih banyak lagi sehingga menempatkan Indonesia di posisi lima besar dunia. Kami memiliki beberapa program mudah-mudahan UMS bisa bekerja sama lewat digital talent kolaborasi dengan google other resting partners di Indonesia,” ucap Sandiaga dalam keterangan resmi, Rabu (15/6/2022).

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan pelaku industri kreatif banyak tumbuh dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan total kontribusi Rp8.600 triliun atau 60,4 persen dari total investasi Indonesia. Di sisi lain, terdapat lebih dari 17 juta usaha yang terdigitalisasi dan pada 2023 ditargetken 30 juta UMKM on boarding ke platfrom e-commerce/platfrom digital.

“Kita memerlukan 9 juta orang atau 600.000 SDM pertahun yang bertalenta digital dan berdaya saing. Kami memiliki beberapa program mudah-mudahan UMS bisa bekerja sama lewat digital talent kolaborasi dengan google other resting partners di Indonesia kami mengusung tema Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi,” demikian Menparekraf RI Sandiaga Uno. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.