Ekonomi

Beras Kencur Jamu Cacak, Resep Warisan Nenek yang Enak dan Banyak Manfaat

Rabu, 09 Juni 2021 - 16:52
Beras Kencur Jamu Cacak, Resep Warisan Nenek yang Enak dan Banyak Manfaat Owner Jamu Cacak, Mohammad Aindra Imawan (Cacak), menunjukkan jamu beras kencur produksinya. (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, LAMONGAN – Jamu beras kencur menjadi salah satu minuman tradisional yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Di Kabupaten Lamongan, salah satu UMKM yang memproduksi beras kencur adalah Jamu Cacak.

Berbekal resep warisan dari sang nenek, Owner Jamu Cacak, Mohammad Aindra Imawan berhasil membuat jamu tetap digemari masyarakat, termasuk generasi muda dan beras kencur menjadi produk yang paling kencang penjualannya.

Beras Kencur Jamu Cacak 3

Pemuda yang akrab disapa Cacak tersebut mengungkapkan, sebenarnya resep beras kencur yang diwariskan oleh neneknya tidak berbeda jauh dengan beras kencur yang diproduksi orang lain atau bahkan di daerah lain.

"Komposisi secara garis besar sama saja, yaitu kencur, beras, asam, gula dan lainnya," kata Cacak, Rabu (9/6/2021).

Namun menurut Cacak, ada tambahan satu bahan yang membuat rasa jamu beras kencur buatannya sedikit berbeda.

"Ada resep rahasia yang sedikit membedakan. Tapi memang setiap daerah biasanya rasa dan warnanya beda. Misalnya di Jogja, di sana warnanya agak lebih putih, kalau di sini kan kuning. Rasanya juga beda. Soal rasa, kalau di Lamongan banyak yang suka sama beras kencur kita," tuturnya.

Selain digemari karena rasanya yang enak, jamu beras kencur juga dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan pada kencur dapat meringankan diare, sariawan, kolesterol, batuk, pilek.

Beras Kencur Jamu Cacak 2

Bahkan konsumsi beras kencur juga dapat membantu mengatasi penyakit maag dan penipisan dinding lambung. "Manfaat yang paling terkenal tentu menambah nafsu makan," ucap Cacak.

Cacak menambahkan, karena rasa yang enak dan berbagai manfaat yang dimiliki, beras kencur menjadi produk Jamu Cacak yang paling laris dibanding produk lain seperti kunyit asam dan temu lawak.

"Di sini (Jamu Cacak), yang paling banter beras kencur," ujar Cacak, saat ditemui di Kedai Jamu Cacak, Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Nomor 34, Kabupaten Lamongan. (*)

Pewarta : MFA Rohmatillah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.