Berita

Doa Saat Gempa Bumi Terjadi

Kamis, 08 Desember 2022 - 12:59
Doa Saat Gempa Bumi Terjadi Ilustrasi - Doa ketika ada gempa bumi (Foto: Freepik/jcomp)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Dua gempa bumi terjadi di Pulau Jawa, Kamis (8/12/2022) pagi ini. Gempa bumi pertama M 5,8 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat. Getaran akibat Gempa Sukabumi ini terasa hingga Jakarta dan membuat masyarakat heboh, khususnya yang berada di gedung bertingkat.

Data BMKG menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 07.50 WIB, di 22 km tenggara Sukabumi.

Gempa bumi kedua berkekuatan M 4,7 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. BMKG lewat akun Twitter resmi, menyatakan dua gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Sebelumnya, wilayah Cianjur, Jawa Barat juga dilanda gempa bumi yang menyebankan 300 lebih jiwa melayang. 

Doa Saat Gempa Bumi
Sebagai orang yang beriman, manusia dianjurkan untuk berdoa. Doa harus selalu diucapkan baik itu saat senang maupun saat duka, seperti saat terjadinya bencana. 

Dalam agama Islam, kejadian gempa bumi merupakan salah satu bencana yang datang karena kehendak Allah. Untuk itu, seorang Muslim dianjurkan untuk untuk berdoa saat ada gempa bumi. 

Dikutip dari NU Online, Kiai Abdul Karim pengasuh Pondok Pesantren Al-Quran Azzayadi Solo pernah mengunggah sebuah doa setelah terjadi gempa bumi. 

Tulisan doa tersebut adalah sebagai berikut:  

 اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”  

Kiai Abdul Karim menganjurkan kepada masyarakat untuk membaca doa itu pada saat itu juga. Akan tetapi, doa gempa bumi tersebut dibaca sewaktu-waktu ketika terjadi bencana gempa bumi atau lainnya yang membahayakan keselamatan jiwa. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.