Berita

KAI Daop 6 Yogyakarta Siap Angkut Sepeda Motor Pemudik

Senin, 27 Maret 2023 - 17:17
KAI Daop 6 Yogyakarta Siap Angkut Sepeda Motor Pemudik Suasana posko mudik motor gratis di Stasiun Lempuyangan Kota Yogyakarta. (FOTO: KAI)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran, KAI Daop 6 Yogyakarta meluncurkan Program Angkut Sepeda Motor secara gratis. Program ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan di laksanakan oleh berbagai daerah di pulau Jawa.

“Tujuan program ini adalah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Warga diimbau menggunakan moda angkutan umum ketika mudik ke kampung halamannya,” terang EVP Daop 6 Yogyakarta, Raden Agus Dwinanto Budiadji, Senin (27/3/2023).

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini dapat mendaftar di Stasiun Purwosari dan Stasiun Lempuyangan atau www.mudikgratis.dephub.go.id. Pendaftaran telah dimulai pada 1 Maret hingga 3 Mei 2023. Rencanannya, angkutan mudik motor ini berangkat pada 11 hingga 20 April 2023. Sedangkan arus balik dilakukan pada 25 April hingga 4 Mei 2023.

“Rute lintas utara mudik motor ini meliputi Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang, Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang – Purwosari. Sedangkan Lintas Selatan dengan rute Kiaracondong – Purwosari,” terang Agus.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Djarot Tri Wardhono mengatakan, program mudik motor gratis ini akan menampung sebanyak 10.440 slot motor dan 46.720 tempat duduk penumpang.

“Semoga perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir dengan baik. Program ini menjadi ajang untuk mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat. Sebab, pada mudik tahun-tahun sebelumnya angka kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik cukup tinggi. Semoga dengan adanya mudik motor gratis ini laka lantas roda dua dapat diminimalisir,” terang Djarot Tri Wardhono.

Yuk, kita manfaatkan mudik motor gratis dari KAI Daop 6 Yogyakarta. (*)

Pewarta : Fajar Rianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.