Berita

Fapet UGM-PPN Lakukan Gerakan Nasional Peternak Petelur Ikut Atasi Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 - 20:10
Fapet UGM-PPN Lakukan Gerakan Nasional Peternak Petelur Ikut Atasi Covid-19 Aksi peduli penyampaian sumbangan telur di RSUD Sleman (FOTO: Fapet UGM for TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Fakultas Peternakan atau Fapet UGM bekerjasama dengan beberapa lembaga mitra seperti Pinsar Petelur Nasional (PPN), Keluarga Alumni Fakultas Peternakan UGM (KAPGAMA) dan beberapa koperasi peternak petelur untuk melakukan Gerakan Nasional Peternak Petelur, dalam rangka ikut bersama atasi Covid-19.

Gerakan ini dengan membawa jargon 'Ayo Jaga Sedulur, Jangan Lupa Makan TelurTelur'. Gerakan ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas insan peternakan terhadap para tenaga kesehatan atau nakes.

Dekan Fapet UGM, Prof. Dr.Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN. Eng mengatakan tenaga kesehatan adalah ujung tombak, yang berada di garda terdepan menghadapi penyintas Covid-19 (aktivitas tracing masyarakat, perawatan medis, pemantauan shelter).

Gerakan Nasional Peternak Petelur 2

Tenaga medis telah berjibaku siang malam seperti tanpa batas waktu, sementara pada sisi lain sebenarnya mereka juga perlu menjaga diri agar tetap bugar dengan imunitas dan kesehatan prima agar dapat melanjutkan misi kemanusiaan.

Salah satu bahan pangan yang memiliki nutrisi tinggi dan lengkap adalah telur. "Telur secara saintifik, memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan meningkatan imunitas tubuh," kata Agus dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Senin (26/7/2021)

Menurut dia, meningkatkan solidaritas antar sesama anak manusia sangat penting di masa-masa sulit seperti dampak Covid-19 yang sedang kita hadapi bersama ini. "Semangat berbagi perlu dikembangkan, tidak hanya berbagi informasi, tetapi berbagi pengalaman, waktu, tenaga, pikiran dan materi, bergotong royong berat sama dipikul ringan sama dijinjing,” ujar Agus

Dalam beberapa hari ini sudah diawali aksi peduli dengan penyampaian sumbangan telur dari PPN di berbagai daerah ke Nakes maupun unit kesehatan setempat. Dalam satu pekan aksinya mulai 17-26 Juli 2021, gerakan ini telah berhasil mengumpulkan telur sejumlah 10 ton dan sekaligus sudah disalurkan ke berbagai target yakni nakes dan faskes setempat meliputi:

1. PPN Lampung bersama KAPGAMA Lampung menyampaikan ke nakes secara langsung di Puskesmas Rawat Inap Tanjung Sari, Natar, maupun tidak langsung karena melalui Polres Lampung Timur dan Polres Lampung Tengah. Aksi ini sangat di apresiasi oleh Wali Kota Metro Wahdi Sirajuddin, demikian disampaikan Ketua PPN Lampung sekaligus pengurus KAPGAMA Lampung  Ir. Jenny Soelistiani.

2. Informasi dari Solo Raya, telah menyampaikan sumbangan telur kepada para tenaga kesehatan di RSGM Soelastri Solo, Puskesmas Mojosongo, RSJD Solo, RS Bung Karno Semanggi, demikian informasi disampaikan oleh ketua PPN Soloraya Joko Surono dan ketua penasihat PPN Robby Susanto.

3. PPN Kendal bersama dengan Koperasi Unggas Sejahtera Kendal menyumbang telur untuk empat Puskesmas di Kendal yaitu Sukorejo, Patean, Plantungan dan Pageruyung. Aksi ini mengundang haru dan sangat di apresiasi oleh para nakes yang diwakili oleh masing-masing kepala puskesmas, demikian disampaikan oleh Ketua Koperasi Unggas Sejahtera Kendal H Suwardi.

4. Temanggung Jawa Tengah, Bantuan telur disampaikan ke Dinas Kesehatan, RSUD Temanggung, PMI Temanggung, RSK Ngesti Waluyo Temanggung, PKU Muhammadiyah Temanggung, RS Gunung Sawo Temanggung.

5. Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bantuan di sampaikan ke RS Margono, Dapur Umum Bapak Sodik, Rusunawa UNSOED, Pengemudi ambulan RS.

6. Kota Semarang, Jawa Tengah disampaikan ke Dinas Kesehatan Kota Semarang.

7. Jawa Timur ke RSUD Srengat Blitar, Puskesmas Pakis dan Lawab Kabupaten Malang.

8. Sulawesi Tengah, disampaikan ke UPT RSUD Madani, RS Wirabuana Palu, RS se kota Palu.

9. Sulawesi Selatan, RS di Sindenreng Rappang, Pinrang, Pare-pare, dan beberapa RS Rujukan di Kota Makasar.

10. Provinsi DIY ada beberapa lokasi. Kabupaten Gunung Kidul (RSUD Wonosari, RS Saptosari, RS Pantirahayu), Sleman (Relawan Perum Jambusari Indah, RSA UGM, RSUD Sleman), Bantul (PKU Muhammadiyah Bantul, Kecamatan Triwidadi, Puskesmas Pajangan). 

Sementara itu, Ketua KAPGAMA Ir. Achmad Dawami juga membuka dompet sumbangan bagi para anggota dan relasi diseluruh Indonesia baik berupa dana maupun langsung berupa telur untuk nanti disampaikan kepada pada nakes yang membutuhkan.

Gerakan Nasional Peternak Petelur 3

Agus menyampaikan semoga Gerakan Jaga Sedulur ini tidak hanya sebagai konstribusi dan wujud nyata kepedulian insan non kesehatan kepada nakes. Namun juga diharapkan dapat menginspirasi bagi siapa pun bahwa kita dapat turut berkonstribusi meskipun secara tidak langsung dalam rangka bergotong rotong.

"Berat sama dipikul ringan sama dijinjing dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Ayo Jaga Sedulur, Jangan Lupa Makan Telur," papar Agus, Dekan Fapet UGM terkait aksi peduli Gerakan Nasional Peternak Petelur. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.