Berita

Jelang PON XX Papua, Begini Pembangunan Pesat Jalan Trans Papua Sepanjang 3462 KM

Sabtu, 25 September 2021 - 08:18
Jelang PON XX Papua, Begini Pembangunan Pesat Jalan Trans Papua Sepanjang 3462 KM Jalan Trans Papua.

TIMES JOGJA, JAKARTA – Sejak Tahun 2015, Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) mendorong pembangunan Jalan Trans Papua sejauh 3462 KM yang membentang dari Kepala Burung di Wilayah Adat Domberai (sorong) sampai dengan Bumi Anim Ha di Selatan Tanah Papua (Merauke).

Pembangunan Infrastruktur ini merupakan satu proyek utama Presiden yang masuk kedalam proyek strategis nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. 

Proyek Trans Papua bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan meningkatkan akses serta konektivitas antar wilayah sehingga dapat membuka daerah yang terisolasi. Selain itu, pembangunan Trans Papua juga diharapkan dapat mengurangi indeks kemahalan, mengurangi angka kemiskinan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. 

Sampai saat ini, perkembangan Trans Papua dari total panjang 3462 KM telah tembus sepanjang 3446 KM, dengan status belum teraspal 1.712 KM dan teraspal 1.733 KM. Pembangunan Jalan ini akan terus berlanjut dengan di iringi pembangunan Sekolah, Perguruan Tinggi, Tempat Keagamaan, Pusat Lintas Batas Negara (PLBN) yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR. 

Presiden Joko Widodo mengutus Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar yang juga merupakan Putera Asli Papua untuk meninjau dan berkeliling secara langsung melihat perkembangan Jalan Trans Papua. 

Bersama Tim BAPER, selama empat bulan kunjungan tersebut, Billy Mambrasar melintasi dua Provinsi (Papua dan Papua Barat), 15 Kabupaten, 66 Distrik dan 278 Kampung. 

Perjalanan tersebut sekaligus juga untuk mendengar langsung keluh kesah masyarakat untuk disampaikan ke Presiden Joko Widodo, serta menyampaikan salam sayang Presiden Jokowi untuk rakyat 

Sebagian besar masyarakat yang ditemui menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Khususnya Kementerian PUPR yang secara konsisten terus melakukan pembangunan di tanah Papua. 

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang terus mendukung percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat, juga seluruh Jajaran Kementerian PUPR yang terus berkomitmen mengurangi kesenjangan antar daerah. Kita semua berharap, Papua berkembang layaknya daerah maju lainnya. Ayo bersama-sama kita wujudkan itu semua!” ujar Billy Mambrasar Jumat (24/ 9/2021).

Staff Khusus Presiden Republik Indonesia Billy Mambrasar mengirimkan video berdurasi 4:45 menit berupa rangkuman dari perjalanan dinas dirinya di Papua dan Papua barat selama empat bulan terakhir (Juni - September 2021).  Dalam video, terlihat keindahan pemandangan Papua melalui Jalan Trans Papua yang segera selesai dibangun oleh Presiden RI Jokowi, untuk mendorong percepatan Pembangunan Kesejahteraan, khususnya Masyarakat Asli Papua ini. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.