https://jogja.times.co.id/
Berita

Jawab Tantangan Industri Global BBSPJIKKP Luncurkan Layanan Baru

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:07
Jawab Tantangan Industri Global BBSPJIKKP Luncurkan Layanan Baru Penyerahan penghargaan kepada pelanggan setia BBSPJIKKP. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, YOGYAKARTA – Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, karet dan Plastik (BBSPJIKKP), Yogyakarta memperkenalkan 4 layanan terbaru kepada pelanggan. Masing -masing LVV GRK, Audit Teknologi, Lembaga Pemeriksa Halal dan Standar Reference Material (SRM).

Pengenalan digelar dalam kegiatan Temu Pelanggan BBSPJIKKP. Bertempat di Grand Inna Malioboro Yogyakarta, Kamis (30/06/2022).

Kepala BBSPJIKKP Yogyakarta Agus Kuntoro menjelaskan, diluncurkannya 4 layanan baru ini, untuk meningkatkan pelayanan kepada dunia industri. Sebagai unit pelayanan teknis dari Kementerian Perindustrian, BBSPJIKKP dituntut mampu mengikuti perkembangan dunia industri yang sangat dinamis. Agar tetap dapat bersaing di percaturan global. 

Melalui jasa verifikasi atau validasi  (LVV) Gerakan Rumah Kaca (GRK), BBSPJIKPP Yogyakarta terus mendukung upaya pemerintah dalam mendorong transformasi ekonomi hijau (green economy).  Dalam mewujudkan target penurunan emisi karbon sebesar 29% atas upaya sendiri dan 41% atas dukungan internasional pada 2030.

Layanan Audit Teknologi bermanfaat untuk mengevaluasi status kemandirian dan penguasaan teknologi. Sekaligus dapat memberikan input yang akurat bagi perencanaan teknologi. Layanan ini penting dalam upaya perbaikan berkelanjutan, serta melindungi publik dari akibat buruk penerapan suatu teknologi. Pelaksanaan Audit Teknologi diatur dengan Peraturan Kepala BPPT No.007a Tahun 2017.

Sementara peluncuran layanan Lembaga Pemeriksa Halal dilatarbelakangi tingginya investasi produk halal di Indonesia. Data State of Global Islamic Economy Report (SGIE) 2020 menyebutkan, dengan nilai investasi produk halal mencapai USD 6,3 miliar, atau tumbuh 219% dari tahun sebelumnya. Menempatkan Indonesia pada urutan ketiga negara dengan investasi halal di dunia. 

Ditambah jumlah penduduk muslim Indonesia yang mencapai keuntungan 209,1 juta. Menjadi ceruk pasar yang menyimpan potensi besar dalam pengembangan industri halal. Pangsa pasar halal food, islamic fashion, pariwisata halal dan pendidikan semakin meningkat. Seiring dengan kesadaran individu bahwa gaya hidup halal bukan saja karena syariat agama, tetapi juga baik dan berguna bagi kehidupan. 

Dalam rangka mendukung program peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), BBSPJIKKP telah mengembangkan standard reference material (SRM) CV-50 dan SRM CV-60 sebagai substitusi SRM impor yang selama ini masih diimpor dari Malaysia. SRM ini digunakan untuk verifikasi plastimeter dan Mooney viscometer, yaitu alat yang digunakan dalam pengujian mutu Standard Indonesia Rubber (SIR) sesuai SNI 1903:2017. 

Kegiatan yang mengambil tema “Energy to Synergy : Transformasi BBKKP sebagai Mitra Terpercaya untuk Mewujudkan Industri Berkelanjutan”.  Temu Pelanggan dihadiri oleh 200 peserta dari Dinas, Universitas dan industri yang menggunakan layanan BBSPJIKKP. Melalui kegiatan ini BBSPJIKKP ingin menjalin hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. 

"Kehilangan satu pelanggan merupakan kerugian besar, karena lebih sulit untuk memperoleh pelanggan baru,” tegas Agus Kuntoro dalam sambutannya. 

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri, Doddy Rahadi berharap keberadaaan layanan baru mampu mengakomodir kebutuhan layanan industri. Dalam rangka meningkatkan daya saing industri, memberikan jaminan kualitas dan standardisasi produk kulit, karet dan plastik. Serta mendorong pemanfaatan produk dalam negeri dan mendukung terwujudnya industri tanah air yang berkelanjutan.

Peluncuran layanan tersebut juga menjawab Peraturan Presiden No. 98 Tahun 2021 tentang Nilai Ekonomi Karbon. Dalam rangka mendukung pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) di Indonesia. Sebagaimana tercantum dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) untuk pengendalian perubahan iklim.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan, pada kesempatan tersebut diserahkan laporan Audit Teknologi kepada PT Yogya Presisi Teknikatama Industri (PT YPTI) dan PT Madu Baru. Sertifikat SRM kepada Direktur Eksekutif Gapkindo. Sertifikat SMK3 kepada PT Wipolimex Raya dan PT Poly Kencana Raya. Sertifikat SPPT SNI dan SMM kepada PT Giri Tirta Mulya, dan Sertifikat SML kepada PT Batanghari Tembesi. Diserahkan juga penghargaan pelanggan terloyal kepada PT Banua Lima Sejurus, Halcyon Agri, dan PT Pentasari Pranakarya.(*)

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.